Rabu, 09 Februari 2011

Wakil Presiden Mesir, Omar Suleiman Kawan Baik Israel

E-mail Cetak PDF
  
omar_suleman
Cyber Sabili-London. Diam-diam Israel tidak terlalu takut akan jatuhnya Hosni Mubarak dari kursi kepresidenan Mesir, karena Wakil presiden Mesir yang baru diangkat, Omar Suleiman, yang kini memimpin transisi pemerintahan Mesir, ternyata kawan baiknya Israel.

Omar Suleiman pernah mengatakan selama proses perdamaian Timur Tengah bahwa tentara Israel akan dipersilakan datang di Mesir untuk menghentikan penyelundupan senjata untuk Hamas di Gaza. Suleiman memiliki hubungan yang baik dengan militer Israel dan negara Yahudi itu akan senang melihat dia mengambil alih negara, kata bocoran rahasia diplomatik AS yang dirilis oleh Daily Telegraph.

Daily Telegraph melaporkan hari ini bahwa bocoran kabel dari kedutaan Amerika di Kairo dan Tel Aviv mengungkapkan kerjasama yang erat antara Suleiman dan Amerika Serikat dan pemerintah Israel, serta Kemungkinan Ia menjadi penerus Presiden Mubarak yang sudah tua(83 tahun).

Dokumen ini melaporkan, posisi pemerintah Mesir yang selalu berupaya untuk mempertahankan dalam politik Timur Tengah, sebagai bangsa pemimpin Arab yang mempunyai hubungan kuat dengan Amerika Serikat dan Israel.

Pada tahun 2008, Suleiman, yang mengepalai dinas intelijen asing, telah menjadi penghubung utama Israel dengan pemerintahan Mesir.

David Hacham, penasihat senior dari Kementerian pertahanan Israel mengatakan kepada kedutaan besar Amerika di Tel Aviv bahwa sebuah delegasi yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak telah terkesan oleh Suleiman, kata laporan itu.(MUN/YD)

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...