Minggu, 05 Desember 2010

Kemdiknas Kembangkan Kurikulum Berbasis Akhlak Mulia

E-mail Print PDF
Kurikulum berbasis akhlak mulia untuk memberikan pendidikan karakter bagi generasi bangsa

Hidayatullah.com--Kementerian Pendidikan Nasional akan mengembangkan kurikulum berbasis akhlak mulia mulai 2011 untuk menanamkan karakter yang baik kepada siswa melalui pendidikan.

"Mulai 2011 kami akan mengembangkan kurikulum berbasis akhlak mulia," kata Menteri Pendidikan Nasional M Nuh di Bogor, Ahad (5/12).

Saat menjadi pembicara pada diskusi panel yang digagas Panitia Muktamar V Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia di IICC Bogor, Menteri mengatakan, pengembangan kurikulum berbasis akhlak mulia dirasakan mendesak untuk memberikan pendidikan karakter bagi generasi bangsa.

"Kurikulum berbasis akhlak mulia dikembangkan untuk menanamkan karakter bagi anak-anak Indonesia," kata M Nuh.

Menurut dia, pendidikan karakter penting ditanamkan di sekolah sehingga lulusan yang dihasilkan menjadi generasi masa depan bangsa yang memiliki karakter kuat.

"Kemajuan dan kemandirian sebuah bangsa antara lain dibangun melalui karakter yang kuat," kata M Nuh yang juga Pengurus Syuriah PWNU Jawa Timur.

Oleh karena itu, lanjut M Nuh, mulai 2011 Kemdiknas mengembangkan kurikulum berbasis akhlak mulia sebagai upaya membangun karakter bangsa.

Ia mengatakan, pengembangan kurikulum berbasis akhlak mulia dilakukan dengan menanamkan moralitas dan akhlak mulia dalam berbagai mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

"Akhlak dan moralitas harus masuk dalam semua mata pelajaran yang diajarkan pada peserta didik," demikian Mendiknas M Nuh. [ant/hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"









"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog