Minggu, 05 Desember 2010

IPHI Programkan Pemberdayaan Ekonomi Syariah

E-mail Print PDF
Program ekonomi syariah bertujuan meningkatkan taraf ekonomi petani di Indonesia

Hidayatullah.com--Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menggelar rapat pleno pengurus pusat membahas berbagai program kegiatan, salah satunya program pemberdayaan umat melalui ekonomi syariah.

Ketua Umum IPHI H Kurdi Mustofa mengatakan, program ekonomi syariah bertujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya para petani di Indonesia.

"Salah satu program kita pemberdayaan ekonomi syariah bagi masyarakat kecil untuk meningkatkan taraf hidup mereka," katanya, saat ditemui dalam acara Rapat Pleno PP IPHI di Kantor IPHI Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Minggu (5/12).

Kurdi mengatakan, program tersebut akan melibatkan seluruh anggota IPHI di seluruh Indonesia.

Program tersebut sebagai salah satu kontribusi IPHI sebagai organisasi kemasyarakatan untuk pemberdayaan umat.

Kegiatan sudah berlangsung dengan mendata sejumlah tanah milik anggota IPHI yang direncanakan akan dikelola untuk masyarakat.

Selain program ekonomi syariah, program lain PP IPHI adalah mengoptimalkan kegiatan IPHI cabang dan kecamatan, di daerah seluruh wilayah Indoensia. Sedang kontribusi di bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat ditujukan masyarakat kurang mampu.

"Program unggulan kita pembangunan menara haji IPHI di Jakarta, yang akan dibangun melalui kemandirian anggota," katanya.

Kurdi menyebutkan, agenda utama rapat pleno PP IPHI adalah laporan pengurus terhadap kinerja selama 2010 ini, membahas program lanjutan IPHI ke depan, kehadiran organisasi dan permasalahan internal anggota.

"Kita juga membahas program kepedulian IPHI ke depan agar lebih kontributif lagi terhadap masyarakat dan pemerintahan," katanya.

Rapat Pleno PP IPHI diikuti oleh seluruh pengurus dan beberapa anggota IPHI dari kawasan Jabodetabek dan sejumlah pengurus dari daerah.

Kurdi menambahkan, pelaksanaan Rapat Pleno di Kota Bogor, juga sebagai salah satu pemberdayaan IPHI di tingkat daerah, untuk melihat kemampuan daerah dalam menyelenggarakan acara keorganisasian.

Hadir dalam rapat tersebut Parni Hadi, mantan Pimpinan Umum LKBN Antara sebagai Ketua Bidang Pengembangan dan Erman Suparno mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menjabat Wakil Ketua IPHI yang memaparkan rencana pembangunan Menara Haji IPHI.

Mengenai program pemberdayaan ekonomi syariah, Erman mengatakan program tersebut telah berjalan di sejumlah daerah.

"Program ini sudah berjalan, kita sudah mendata sejumah tanah milik anggota yang dapat diberdayakan. Kita juga sudah menugaskan sejumlah anggota untuk mendata masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, di kegiatan pemberdayaan umat dengan ekonomi syariah tidak hanya bidang pertanian, juga properti dan pupuk organik dengan konsep agroekonomi dan agrobisnis.

"Kita sudah mengajak kerjasama sejumlah perusahaan, dan sudah ada perusahaan Timur Tengah yang ingin bekerjasama dengan kita," katanya. [ant/hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...