Senin, 26 Juli 2010

Arkeolog Temukan Anjing Berusia 14 Ribu Tahun

Senin, 26 Juli 2010 - 11:26 wib
Stefanus Yugo Hindarto - Okezone
Rahang anjing yang ditemukan di Swiss tahun 1873 (Foto:Softpedia)
BERN - Arkeolog memprediksi fosil berupa rahang anjing yang ditemukan di Swiss tahun 1873 adalah anjing tertua di dunia. Arkeolog memprediksi anjing pertama di dunia berusia 14 ribu tahun.

Penelitian mengenai asal-usul anjing memang beragam. Beberapa penelitian, sebelumnya memang sudah mengatakan bahwa fosil yang jauh lebih tua dari yang ditemukan di Swiss ini telah ditemukan. Para peneliti mempunyai teori yang berbeda tentang bagaimana dan kapan anjing berasal, salah satu analisis menyebutkan bahwa anjing adalah serigala modern. Serigala yang dijinakkan pertama kali disebutkan sebelumnya berada di Asia, Eropa Timur dan Timur Tengah.

Tapi, menurut mahasiswa pascasarjana arkeologi Universitas Tubingen Hannes Napierala dan Hans-Peter Uerpmann, rahang-atas yang ditemukan pada tahun 1873 di Kesslerloch Gua, dekat perbatasan utara Swiss dengan Jerman, membuktikan bahwa anjing di masa awal, hidup di antara ada 14.100 dan 14.600 tahun yang lalu. Demikian dilansir Softpedia, Senin (26/7/2010).

Napierala menyatakan penemuan di Kesslerloch dengan jelas mendukung gagasan bahwa anjing adalah hewan domestik yang digunakan pada saat itu di Eropa tengah. hasil penelitian yang dipublikasikan di  International Journal of Osteoarchaeology, membandingkan dengan penemuan fosil di zaman es yang menyebutkan bahwa anjing tertua berusia 31.700 tahun yang lalu. Tapi, Napierala menyebutkan bahwa, penemuan di zaman es tersebut bukanlah anjing melainkan serigala.
(ugo)

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...