Selasa, 01 Juni 2010

Ahmadiah Lahore Diserbu Kelompok Bersenjata, 80 Tewas


Lahore, beberapa orang bersenjata menyerang dua tempat peribadatan kelompok Ahmadiah di Lahore akhir pekan lalu. Mereka menculik beberapa orang dan menewaskan lebih dari 80 tewas di tempat. Pihak keamanan setempat mengatakan, sekelompok pria bersenjata ini menembaki dan melemparkan granat pada pengikut Ahmadiah. Kejadian ini terjadi di dua tempat di kota Lahore, di daerah perumahan elit Model Town dan di Garhi Shahu.

Serangan di Garhi Shasu lebih hebat dari Model Town, karena tiga orang penyerang meledakan dirinya sendiri ketika melihat polisi mulai memasuki gedung tempat ibadah. Kepala kepolisian Lahore menyatakan seorang penyerang berhasil ditangkap hidup-hidup. Kepala Departemen Hukum untuk Provinsi Punjab, Rana Sanaullah mengatakan seorang penyerang yang ditangkap adalah anak muda dari suku Phastun. Rana Sanaullah mengatakan ini sebagai indikasi bahwa penyerangan mungkin memiliki hubungan dengan kelompok Taliban atau dari Waziristan.

Seorang saksi mata berumur 19 tahun, Fatih Sharif mengatakan, ketika seorang imam Ahmadiah sedang memimpin seremoni peribadatan tiba-tiba terdengar suara tembakan dan ledakan sehingga orang-orang berlarian. Pada saat itulah dua orang bersenjata melepaskan tembakan kearah jamaah Ahmadiah.

Ahmadiah adalah aliran sesat yang dicetuskan oleh Mirza Gulam Ahmad. Mengikut keyakinan pengikut Ahmadiah, Mirza Gulam Ahmad adalah seorang nabi setelah Nabi Muhammad Saw. Ulama Pakistan telah mengeluarkan fatwa kafir kepada aliran Ahmadiah sedangkan pemerintah Pakistan tetap membiarkan mereka dan tidak membubarkan. Hanya saja pemerintah Pakistan menganggap mereka bukan beragama Islam sehingga di kartu tanda penduduk mereka tertulis non muslim dan mereka dilarang naik haji oleh pemerintah Pakistan.

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...