Rabu, 05 Oktober 2011

Makan Ikan Biar Tidak Stroke


Hidayatullah.com--Orang yang makan ikan beberapa kali dalam sepekan lebih rendah resikonya terkena stroke dibadingkan mereka yang jarang makan ikan atau tidak sama sekali.

Itu adalah hasil kesimpulan analisa terhadap 15 penelitian, di mana setiap penelitian itu menanyakan berapa sering mereka makan ikan, lalu 4-30 tahun kemudian diteliti apakah mereka mengalami stroke.

"Menurut saya, ikan memang memberikan manfaat nutrisi, khususnya omega 3, yang menurunkan resiko stroke," kata Dr. Dariush Mozaffarian, pakar epidemiologi dari Harvard yang penelitiannya termasuk dianalisa.

"Banyak bukti yang menunjukkan bahwa sekitar dua sampai tiga porsi sajian setiap pekan sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya," kata Mozaffarian.

Hampir 800.000 orang di Amerika Serikat setiap tahunnya terserang stroke, dan 136.000 di antaranya meninggal karena stroke.

Merokok, mengkonsumsi alkohol, kelebihan berat badan dan darah tinggi serta kolesterol terkait erat dengan serangan stroke.

Dalam jurnal Stroke Dr Sussana Larson dan Dr Nicola Orsini dari Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, mengatakan bahwa asam lemak omega 3 dalam ikan berpengaruh positif terhadap penurunan resiko stroke melalui tekanan darah dan kolesterol.

Vitamin d, selenium dan sejumlah protein dalam ikan juga memberikan kontribusi positif, kata Mozaffarian.

Perlu dicatat, berdasarkan penelitian Mozaffarian, ikan goreng atau ikan dalam sandwich tidak termasuk yang memberikan efek positif terhadap penurunan resiko stroke.

Tapi sayangnya, penelitian itu tidak dapat membuktikan bahwa menambahkan menu ikan bukan digoreng, pasti menjauhkan seseorang dari serangan stroke.

Jenis ikan yang mengandung kadar omega 3 tinggi antara lain salmon dan herring. Asosiasi Jantung Amerika menyarankan sedikitnya 2 porsi sajian asam lemak ikan dikonsumsi setiap pekannya agar sehat.*
Sumber : rtr/klj
Red: Dija

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...