Kamis, 11 Agustus 2011

Bekerja: Keringat, Air Mata, dan Darah

 

  


Allah SWT. mewajibkan atas hamba-hambanya bekerja mencari nafkah demi menolong diri mereka dalam menegakkan ketaatan kepa Allah SWT.
Allah berfirman:

وابتغوا من فضل الله واذكروا الله كثيراً لعلكم تفلحون. [الجمعة 10].

Perhatikan saudaraku, Allah telah menjadikan bekerja, berusaha, mencari nafkah sebagai sebab dari ibadah, yaitu dzikir, di dalam ayat ini, dan ibadah sebagai faktor utama untuk menggapai kemenangan.
Dan Rasulullah SAW. memotivasi muslimin, dan senantiasa memberi semangat kepada mereka untuk bekerja dan berusaha, seperti yang diriwayatkan oleh Thabrani: Mencari yang halal adalah faridhah setelah faridhah. Dan beliau SAW juga berkata: Mencari yang halal wajib atas setiap muslim. ini berarti berusaha di jalan yang halal adalah kewajiban atas setiap muslim untuk menolong dirinya dan keluarganya, dan keluar bekerja merupakan jihad, yaitu pahalanya bagaikan pahala jihad.
Rasulullah SAW., suatu hari bertemu dengan Sa’ad bin Mu’adz ra., sewaktu bersalaman dengannya, Rasulullah mendapatkan tangan Sa’ad bergelembung, berisi air, Rasulullah menanyakan hal itu, Mu’adz menjawab: Ini sebab aku bekerja di kebun kurma, ya Rasulullah, dengan pacul dan sekop, untuk menafkahkan keluargaku. Rasulullah mengambil tangan Mu’adz dan menciumnya, seraya mengatakan: Ini kedua telapak tangan yang Allah cintai.
Perhatikanlah ya ikhwan, bagaimana bekerja menjadikan seseorang mendapatkan derajat yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...