Minggu, 01 Agustus 2010

Kegiatan Islami Warnai Peringatan HUT RI 2010



Purwokerto, NU Online
 
Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia Tahun 2010 tingkat Kabupaten Banyumas, cenderung berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan karena puncak acara HUT Proklamasi jatuh bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1431 H.


"Kegiatan peringatan HUT RI yang kita gelar tahun ini, kita pilih kegiatan yang tidak akan mengganggu kekhusyukan umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa. Disamping itu, kita juga menyelenggarakan kegiatan bersifat Islami, seperti lomba qosidah, lomba bedug, kaligrafi, pengajian akbar yang bertepatan dengan malam Nuzulul Qur'an," kata Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, Sabtu (31/7).
Selain itu, untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya akan menguras kemampuan fisik, sudah mulai dilaksanakan sejak akhir bulan Juli dan awal Agustus sebelum masuk Bulan Ramadhan. Kegiatan yang sudah dilaksanakan, antara lain lomba membuat makanan gembus dan klanting yang dilaksanakan 29 Juli lalu, dan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Joko Edan di GOR Satria Purwokerto, pada Sabtu (31/7) malam.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan awal Agustus sebelum Bulan Puasa, antara lain lomba kebersihan tingkat kecamatan, lomba kesenian unggulan kecamatan berupa pawai yang akan digelar Rabu (4/8) malam, lomba drumband tingkat SMP/MTs beru[pa pawai pada Senin (9/8), lomba qosidah, Lomba Bedug dan Kaligrafi pada Sabtu, 14/8, dan pengajian akbar di Alun-Alun Purwokerto pada Kamis (26/8) malam.

Sementara untuk acara inti peringatan HUT Kemerdekaan, tetap dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun lalu. Acara akan diawali dengan pengukuhan paskibra di Pendopo Si Panji pada tanggal 15 Agustus, dilanjutkan dengan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Banyumas pada 16 Agustus. Demikian seperti dilansir situs Republika Online.

Puncaknya, pada 17 Agustus dilaksanakan upacara detik-detik Proklamasi. Rangkaian acara diakhiri dengan Resepsi Kenegaraan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-65 RI di Pendopo Si Panji mulai pukul 20.30, seusai waktu tarwih.

Terkait dengan peringatan HUT RI tahun 2010 yang jatuh pada Bulan Ramadhan ini, Agus juga menghimbau warga Banyumas yang menyelenggarakan acara-acara hiburan untuk memperhatikan beberapa ketentuan. Antara lain, acara hiburan yang digelar mengandung unsur-unsur yang mendidik, kegiatan mendorong sprakarsa dan kreativitas masyarakat, serta mengedepankan hiburan khas daerah/tradisional. (ful)

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...