Jumat, 02 Juli 2010

Seleksi Imam Bergaya “Kontes Idola”

PDF Print E-mail
Tuesday, 29 June 2010 19:15
“Kontes” ini diikuti banyak calon imam dengan penilaian ketat juri.
Selama ini, seleksi imam masjid tak pernah memiliki standar baku, bahkan berjalan secara alamiah. Tapi di Malaysia, seleksi imam masjid dijalankan mirip kontes idola, seperti American Idol.

Diberitakan Daily Telegraph, “kontes” ini diikuti banyak calon imam dengan penilaian ketat juri. Saat mendapatkan giliran diuji, para kontestan acara seleksi imam yang bertajuk Young Imam ini ditanya berbagai hal yang terkait dengan Al-Quran, hadits, dan dakwah. Mereka diuji kemampuannya membaca, menafsirkan, serta menjelaskan Al-Quran dan hadits.

Salah satu ujian berat yang harus mereka hadapi adalah memecahkan persoalan fiqih yang kerap sulit ditemukan jalan keluarnya. Mereka antara lain diminta untuk mengurus jenazah yang mati karena virus AIDS. “Melihat dan menangani jenazah adalah ritus yang sangat sulit, dan harus bisa mereka hadapi sebagai imam,” kata manajer Astro Oasis, saluran televisi yang menyiarkan acara tersebut.

Mereka juga diuji kemampuannya dalam beradaptasi dengan masyarakat. Salah satu ujian yang terkait dengan kemampuan ini adalah berupa dakwah kepada para pembalap jalanan. Para pembalap jalanan yang tertangkap polisi ini dihadirkan untuk mendapat pencerahan dari para kontestan Young Imam.

Juri yang ditunjuk untuk memberikan penilaian adalah mantan mufti besar masjid negara Malaysia, Hasan Mahmood.

Selain ditunjuk untuk menjadi imam di salah satu masjid terkemuka di Kualalumpur, pemenang kontes ini juga akan mendapatkan beasiswa studi di Universitas Internasional Madinah, Arab Saudi. Dia juga berhak mendapatkan hadiah untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Para calon imam yang bisa mengikuti kontes ini harus berusia 19-27 tahun.

Acara Young Imam
ini juga membuka komunikasi dengan para penggemarnya melalui akun facebook. Saat ini, penggemar yang sudah terdaftar sebagai fans dalam akun tersebut mencapai 25 ribu orang. Stasiun televisi Astro menyiarkan seleksi imam dengan gaya itu.

SEL

http://majalah-alkisah.com/index.

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"









"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog