Selasa, 09 Februari 2010

Puluhan Ribu Muslimin Shalat Id Masjid Moskow




Pertama dalam sejarah, shalat Idul Fitri di Masjid Jami Moskow diikuti puluhan ribu orang.

Tahun ini jumlah kaum Muslim yang mengikuti shalat Idul Fitri di Masjid Jami Moskow lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut pejabat keamanan setempat, shalat Idul Fitri pada 20 September 2009 itu diikuti oleh lebih dari 50.000 jamaah



Semuanya sujud kepada Allah


Bukan mau demonstrasi, tapi mau shalat Idul Fitri


Tak bisa bumi dipijak, jadilah pagar gereja dipanjat, yang penting shalat



Shalat di depan McDonalds


Sejauh mata memandang, terlihat ribuan manusia


Hiasan sekeliling bukan kaligrafi, tapi papan reklame


Terpaksa memamerkan diri karena tidak dapat tempat


Selesai shalat pemulung beraksi


Kejadian langka ada puluhan ribu orang Muslim shalat di negara komunis, patut didokumentasikan


Alhamdulillah, ada tukang kue


Ya Allah ampunilah mereka, lindungilah mereka, murahkanlah rejeki yang halal untuk mereka. Ya Allah, berikanlah mereka kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Amin[di/ir/www.hidayatullah.com]


Muslim Rusia Kekurangan Masjid
Muslim yang tinggal di Moskow kekurangan masjid, demikian dikatakan oleh ketua dewan mufti Rusia. Menurutnya, hal tersebut dapat menimbulkan gejolak sosial.

"Di moskow, di mana sekarang ini terdapat sekitar 2 juta Muslim, hanya ada 5 masjid," katanya. Menurut Gainutdin jumlah tersebut terlalu sedikit dan tidak dapat memenuhi kebutuhan umat Muslim akan tempat ibadah.

Merujuk pada lawatannya ke China, Ravil Gainutdin mengatakan, "Di Beijing, di mana hanya ada 250 ribu Muslim, terdapat 70 masjid."

Ia juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan ijin untuk mendirikan masjid, tidak hanya di Moskow dan wilayah sekitarnya, tapi juga di kota-kota lain di Rusia.

Untuk wilayah Moskow, ia berencana akan kembali menemui walikota guna membicarakan ijin pembangunan masjid. Selama ini kaum Muslim harus shalat di jalan sekitar masjid ketika hari raya.

Ia menekankan perlunya menciptakan iklim beragama yang kondusif bagi Muslim di sana. "Jika orang-orang dipaksa untuk shalat di trotoar ketika hujan dan salju turun, maka bisa menimbulkan gejolak sosial," katanya mengingatkan.

Pada hari raya Idul Fitri tahun ini Masjid Jami Moskow dipenuhi para jamaah, sebagian di antara mereka harus shalat di pelataran McDonalds.

Mungkin sebaiknya masjid Indonesia sebagian "dihibahkan" kepada Muslim Rusia, toh banyak masjid indah di negeri ini yang sepi meskipun waktu shalat sudah tiba.

sumber : hidayatullah

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...