Selasa, 09 Februari 2010

Moskow Terbitkan Siroh Nabawi dalam Bahasa Rusia

Dalam usaha menyebarkan dan menyediakan buku biografi/siroh tentang Nabi Muhammad dengan penyampaian yang menarik dalam bahasa Rusia, pusat penerbitan akademi Adomir Moskow menerbitkan buku "Biografi Nabi Muhammad" yang disusun oleh peneliti Dr. Ephremova Natalya dan Dr. Taufiq Ibrahim Sallum.

Dalam pernyataannya untuk IOL Rabu kemarin (20/1), Yuri Mikhailov, direktur pusat Adomir mengatakan: "Para penulis ingin menyajikan buku dengan format baru yang di peroleh dari sumber-sumber biografi Rasulullah, dengan menempatkan tambahan gambar suasana peristiwa yang berupa informasi serta ilustrasi bagi pembaca."

Dia menunjukkan bahwa semua buku yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia belum mampu "menerangi" para pembaca Rusia tentang kepribadian besar Nabi Muhammad SAW, dan kami berharap dengan terbitnya buku ini bisa memuaskan pembaca Rusia."

Sebelumnya sudah ada terjemahan sirah Nabawiyah ke dalam bahasa Rusia termasuk siroh karya Syaikh Mubarak Fury dan Siroh Ibnu Hisyam.

Penerbit menambahkan bahwa tim penulis telah melakukan usaha besar selama lebih dari 15 tahun, mengumpulkan puluhan referensi dari berbagai referensi berbahasa Arab, dan menggunakan siroh karya Ibnu Ishaq dan Ibnu Hisyam, dengan tambahan dari berbagai sumber-sumber Islam lain, dan buku siroh Nabi Muhammad kali ini metode penyampaiannya lebih disederhanakan dan mudah untuk dipahami bahkan oleh non-Muslim sekalipun.

Para penulis banyak mengutip ayat-ayat dari Quran dan kitab-kitab Hadist seperti shahih Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa'i, Tirmidzi, dan lain-lain, juga banyak mengambil mengutip pernyataan dari kitab-kitab yang lain.

Mikhailov melihat bahwa buku ini sangat penting, disusun berdasarkan kajian ilmiah, dan didasarkan pada fakta sejarah," Pada waktu yang sama buku ini juga menyajikan informasi mengenai iman Islam dan persoalan ibadah, dan memberikan ketentuan-ketentuan hukum agama/fiqh baik dari mazhab fiqh ahlussunnah (Hanafi, Syafi'i, Maliki dan Hanbali ), serta mazhab fiqh Syiah (Jafari), dan ia mengharapkan hadirnya buku biografi/siroh Nabi Muhammad ini dapat mengisi kesenjangan yang ada di perpustakaan Islam Rusia.

Isi buku

Buku ini terdiri dari dua bagian, yang pertama berkaitan dengan biografi Nabi Muhammad SAW dari lahir sampai mendapat wahyu ilahi dan berdakwah di Mekah, bagian kedua berhubungan dengan kehidupan Nabi saw awal Hijrah ke Madinah dan hingga wafatnya.

Bagian kedua mencakup lebih dari 300 gambar yang berhubungan dengan Ka'bah dan Masjid Nabi, informasi, dan banyak foto tentang sejarah Jazirah Arab, yang memiliki tempat khusus dalam kurikulum sejarah Islam seperti gua Hira, dan perlengkapan pribadi Nabi yang tersimpan dalam Islam museum.

Buku ini juga mencakup berbagai sejarah yang berkaitan dengan keberadaan suku-suku di Arab, dan rute kafilah, dan tempat-tempat pertempuran, dan lain-lain. Di samping itu, buku sudah termasuk adanya bonus berupa CD yang berisi koleksi film tentang Masjid Al Aqsha dan Masjid Nabawi

Buku siroh/biografi Nabi Muhammad SAW berbahasa Rusia ini adalah bagian kedua dari trilogi yang berjudul: "Sejarah Islam". Bagian pertama diterbitkan pada tahun 1996 berjudul: "Cerita para nabi dari Adam hingga Isa," seperti dilaporkan situs web "Rusia Today".

Penerbit dan penulis berusaha untuk menyampaikan biografi Nabi Muhammad kepada para pembaca, baik Muslim maupun non-muslim, di daerah republik dan wilayah yang berbahasa Rusia dengan total 278 juta penduduk, di antaranya hidup di negara Rusia sebanyak 140 juta orang.

Islam adalah agama kedua di Rusia, di mana sekitar 20 juta umat Islam, yang mewakili 15% dari jumlah penduduk 142 juta orang.(fq/iol)

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...