Minggu, 31 Januari 2010

KEBANGKITAN ISLAM AKAN MUNCUL DI BARAT

Bukannya saya mengingkari akan hadist Rosululloh yang menyebut bahwa Kebangkitan Islam kedua akan muncul di Timur, ini hanya sekedar Membuka wacana kerangka berfikir bahwa bisa saja kebangkitan Islam akan muncul di Barat atau Eropa. Sebagaimana yang diRiwayatkan oleh Tsaubah Ra Rosululloh bersabda”

akan datang Panji Panji Hitam dari sebelah Timur, seolah olah hati mereka kepingan kepingan besi. Barangsiapa mendengar tentang mereka, hendaklah datang kepada mereka dan berbaiatlah kepada mereka sekalipun merangkak diatas salju.

Hadist ini memberikan interprestasi yang berbeda-beda, tidak menyebut Timur sebelah mana? Bisa itu di Timur tengah atau Asia Tenggara termasuk Indonesia.kaum Muslimin pernah mencapai kejayaan sekitar abad 15 masehi atau 9 Hijriyah,

Negara barat terutama eropa pernah mengalami tekanan yang luar biasa dari kaum muslimin. Ibu kota eropa Konstantinopel pernah jatuh ketangan kaum muslimin (Dinasti Turki Usmani ), kekuatan militer yang dimilliki Dinasti Turki Usmani mampu menaklukan Eropa dan merebut konstatinovel serta melumpuhkan jalur ekonomi eropah yang menghubungkan eropa dengan dunia Timur.Pada saat itupula Barat/eropa yang beragama kristen terpecah menjadi dua yaitu kristen Orthodok dan kristen katholik. Kalangan kristen ternyata bisa melakukan pembaruan yang akhirnya melahirkan peradaban barat yang modernis.Mereka berusaha keras menyatukan langkah mencari jalan keluar terhadap kemelut yang ada.

Sampai saat ini Barat/Erofa masih menganggap mitos bahwa Islam sebagai ancaman, bahkan salah seorang penulis barat bernama Edward Gibbon pernah menulis dalam bukunya bahwa Nabi muhammad kedua tangannya satu memegang al quran dan tangan satunya lagi memegang pedang mendirikan kekuasaannnya diatas reruntuhan kristen. mitos ini yang selalu ditanamkan kepada masyarakat barat. Kita juga mungkin masih ingat ucapan Paus Urbanus II ketika berlangsung perang Salib dia mengatakan “bahwa islam adalah monster jahat yang tak bertuhan , membunuh orang-orang islam adalah kewajiban bagi kaum Nasrani”. Ketakutan Barat terhadap Islam beralasan karena kejayaan Islam mampu menaklukan kristen dimasa lalu. Hal ini terbukti dengan kalahnya pasukan salib melawan pasukan kaum muslimin . Barat terutama Eropa sadar betul akan kekuatan Islam yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Barat telah menginvasi islam baik dari kekuatan militer, ekonomi dan ideologi dengan memecah belah persatuan umat Islam. Belum lama Para Politikus dan ilmuwan barat datang ke indonesia dan mengadakan dialog dengan president SBy dan Prof Azumardy A seputar Demokrasi yang telah berkembang pesat di indonesia , Barat memuji Islam di indonesia dengan mengatakan ” bahwa Islam di Indonesia tidak radikal. militan dan fundamentalis” secara halus mereka sebetulnya telah menebarkan virus untuk memecah belah Umat Islam.

Perkembangan Islam di Eropa

Negara Barat yang merupakan negara demokrasi liberal bahkan cendrung sekuler telah membebaskan rakyatnya untuk memilih sendiri agama dan keyakinannya. Kehidupan yang sangat liberar dan sekuler membuat sebagian dari masyarakat barat menghadapi titik jenuh apalagi mereka harus menelan bulat-bulat Doktrin-Doktrin gereja tanpa mereka berusaha untuk mencari sesuatu kebenaran yang hakiki. Peristiwa 11 november 2001 yang menghancunkan gedung WTC, Serangan tersebut di kutuk oleh bangsa se dunia bahkan umat Islampun mengutuk kejadian tersebut. Namun peristiwa fenomenal tersebut membawa rasa penasaran warga eropa untuk mengenal ajaran Islam yang sesunguhnya . Ketertarikan mereka terhadap ajaran Islam ini dibuktikan dengan banyaknya warga eropa yang memeluk agama Islam . Gereja katholik yang berpusat vatican Roma pun sempat membuat pertemuan internasional yang temanya mengangkat tentang banyaknya warga kristen yang berpindah memeluk agama Islam dan perkembangan agama islam yang begitu pesat di eropa. data menyebutkan saat ini ada hampir 1.5 milyar penduduk dunia yang menganut agama Islam. Perkembangan Islam di eropa sungguh fantastic hampir mencapai 30 – 40 ribu pertahun yang memeluk agama Islam.

Ketertarikan mereka warga Eropa terhadap ajaran Islam tak luput juga dari perjuangan para ulama-ulama yang gencar melakukan dakwah di eropa. Sebut saja Syech Muhammad al ya’qubi , Syech Hysam al ka’bani, Syech Muhammad yusuf al qordowi, Syech Nazhim al haqqani . Para ulamarmelakukan dakwah di eropa dengan mengkombinasikan tentang ajaran-ajaran Islam dan nilai -nilai Tashauf. Menjungjung tinggi akhlakul karimah dan mengaktualisasikan ajaran-ajaran islam secara rasional. Majlis majlis ta”limnya selalu ramai di hadiri oleh para Mahasiswa dan mereka yang haus akan ajaran Islam yang sesungguhnya. Nlai -nilai Thasauf yang di ajarkan oleh para ulama telah menggugah hati -hati warga eropa yang sekuler untuk mendalami ajaran islam.

Peneliti di Barat/eropa mengungkapkan seiring meningkatnya jumalah muslim di eropa , meningkat pula kesadaran para muslim dieropa dalam menjalankan ajaran Islam seperti banyaknya warga Muslim eropa yang melakukan sholat dan mendengarkan kajian-kajian tentang Islam . Bahkan para peneliti di barat menyebutkan bahwa 50 tahun kedepan Eropa akan menjadi pusat utama perkembangan islam (sebagiamana yang di muat di harian “turki Aktuel” }. dan tentu ini menjadi hal yang sangat positip untuk mengembalikan jaman kejayaan Islam yang pernah ada dan membangkitkan kembali peradaban islam . dan tidak menutup kemungkinan kebangkitan Islam akan muncul di eropa. Wallohu a’lam

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...