Senin, 19 Desember 2011

Pameran Haji Museum Inggris



PDF Print E-mail
“Kami ingin, orang tahu betapa pentingnya haji bagi umat Islam,” kata Porter di Jeddah, Ahad (13/11).

Haji, ibadah yang telah disyari’atkan sejak zaman Nabi Ibrahim, memiliki dimensi hablun minallah sekaligus hablun minannas, juga dimensi hakikat dan syari’at.

Ibadah haji pun menjadi simbol bersatunya umat Islam dari berbagai penjuru dunia. Menuju satu titik, Ka’bah. Setiap tahun kiblat umat Islam ini selalu dipadati jama’ah haji yang ingin menyempurnakan ibadahnya.

Karenanya, mendedikasikan informasi kepada jama’ah haji, Departemen Islam dan Timur Tengah Kontemporer Museum Inggris akan mengadakan pameran berjudul Haji: Perjalanan Menuju Jantung Islam, yang insya Allah dilaksanakan pada 26 Januari hingga 15  April 2012 mendatang.

Kurator Departemen Islam dan Timur Tengah Kontemporer Museum Inggris, Venetia Porter, mengatakan, pemeran antara lain akan menunjukkan dan menekankan pentingnya haji sebagai salah satu tiang agama Islam, terutama perjalanan spiritualnya. “Pameran tersebut akan bercerita tentang perjalanan dan pengalaman yang mengubah hidup seseorang, perjalanan penting menuju jantung Islam. Kami ingin, orang tahu betapa pentingnya haji bagi umat Islam,” demikian kata Porter di Jeddah, Ahad (13/11), seperti dilansir dari BBC.

Pameran juga akan menunjukkan betapa pentingnya Ka’bah. Menurut Porter, orang-orang non-muslim juga harus sadar bahwa Nabi Ibrahim, sang pendiri Ka’bah, adalah Bapak tiga agama monotheisme: Islam, Kristen, Yahudi.

Dalam pameran tersebut, juga akan ditunjukkan berbagai macam obyek dari koleksi yang berbeda serta pameran seni kontemporer yang terkait haji.

Siti Eliza

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...