Senin, 19 Desember 2011

Kentang Panggang Sempurna di Rumah Sendiri? Mengapa Tidak, Ada Kiatnya

Kentang Panggang Sempurna di Rumah Sendiri? Mengapa Tidak, Ada Kiatnya
Kentang Panggang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Apa yang anda tahu kentang panggang? Mungkin anda pernah menyantap tipe kentang panggang yang paling umum ditemukan, kentang panas merekah dengan sedikit potongan keju cedar dan sedikit tomat lembut.

Biasanya tipe ini, daging kentang dikeluarkan lalu dilumat dengan campuran bahan isi dan dikembalikan dalam kulitnya. Namun di Kanada, kentang panggang disajikan mewah. Mereka dibagi empat lalu diisi dengan mentega atau butter lembut. Bahkan mentega itu akan meleleh ke piring begitu dibawa di hadapan anda.

Lalu di atasnya diberi lagi krim asam dingin dan taburan herba chives (mirip kucai dari negara empat musim). Campuran antara kentang panas, lelehan mentega hangat dan krim dingin plus aroma bawang dari kucai itu sungguh memberi sensasi luar bisa.

Bila tak bisa menahan diri dan kerap menyantap menu ini, seseorang bisa menambah berat badan beberapa kilo hanya dalam hitungan hari.

Kentang panggang memang bukan makanan khas Indonesia. Sebagian besar mungkin menyantapnya hanya di restoran-restoran Barat. Namun jika anda termasuk yang doyan menyantap makanan satu ini, sebenarnya sangat mudah untuk memasak sendiri di rumah, caranya pun cukup sederhana.

Rahasia semua kentang panggang adalah pada tekstur. Kulit yang renyah, daging kentang yang masir seperti salju atau pecah seperti bongkahan salju adalah daya tariknya. Rasa bisa berubah menurut perbedaan variasi--kadang ada yang mirip kacang, jadi cobalah berbagai jenis kentang.

Bergantung pada apa yang anda lakukan, si kentang bisa tampil sangat mewah atau bercita rasa rumah. Buatlah dengan kehati-hatian maka ia akan menjadi salah satu menu memuaskan yang bisa anda santap. Begini kiatnya.

1. Bagaimana anda memperlakukan para kentang itu adalah bagian penting. Meski cuma kentang tapi sentuhan berbeda akan membawa hasil berbeda. Tentu anda tak ingin kentang anda terlalu lembek, lembab (kecuali jika anda suka, maka anda bisa membungkusnya dengan aluminium foil). Namun bila anda yang memilih kentang panggang renyah, krispi dengan kulit sedikit asing, maka lupakan aluminum tadi.

2
Pilih kentang bagus berukurang sedang. Masing-masing sekitar 300 gram dan siapkan garam laut butiran.

3. Gosok kentang dan bersihkan dengan air mengalir lalu tusuk-tusuk dengang garpu. Ketika masih sedikit basah lumuri ringan dengan garam. Cara ini akan memberi efek renyah pada kulit.

4. Letakkan kentang-kentang tadi di atas kertas pemanggang, lalu ciprati kertas dengan air dengan percikan lewat tangan basah anda. Jangan sentuh kertasnya.

5. Panggang dalam oven yang sebelunya telah dipanaskan bersuhu 200° C, atau setel kenop oven di angka 6 dan panggang selama satu hingga satu setengah jam. (Waktu akan bergantung pada ukuran dan berapa banyak kentang yang anda panggang saat itu, lebih banyak ketang berarti lebih banyak waktu).

6. Untuk mengetes apakah kentang sudah matang, tekan sedikit. Kentang akan terasa lunak di bawah kulit atau bila anda tidak yakin tusukkan lidi di tengah.

7. Ini tips agar kentang yang anda sajikan tampak indah seperti di restoran, merekah ke empat arah. Angkat kentang anda dan buat irisan menyilang di atas dengan pisau tajam lalu tekan kuat kentang dengan cara memegangnya menggunakan serbet hingga terbuka ke empat penjuru. Beri penambah cita rasa yang anda sukai, garam, merica atau mentega dingin di tengah. Bila anda ingin sentuhan lebih mewah anda bisa menaruh krim dan beberapa jenis herbal yang anda sukai.
Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Telegraph

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...