Senin, 05 September 2011

Aneka Makanan Khas Betawi

Karena banyaknya permintaan mengenai kuliner Betawi, maka postingan ayay hari ini adalah mengenai aneka kue tradisional khas betawi yg biasa ada dirumah ayay..khususnya pas lebaran..
so silakan dilihat, dibayangkan dan buruan cari ditoko kaset kue terdekat :P
Uli
Uli
Uli, makanan yang terdiri dari ke huruf ini membuatnya gampang2 susah (ky aku bisa aja ya), terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yg dikukus kemudian ditumbuk, nah proses numbuknya ini yg ribet. Ibu2 disini selalu bilang bukan org betawi klo nggak bisa bikin uli.hiks aku nggak bisa… ):, anyway biasanya klo dah jadi masing2 uli tersebut dibungkus didaun pisang, kemudian siap dihantarkan ketetangga..
Kue Cucur, Kue Cawan, Kue Cincin dan Kue Putu
Kue Cucur, Kue Cawan, Kue Cincin dan Kue Putu
yg warna pink diatas itu kue cucur ya jangan salah (jrg2kan liat kue cucur berbentuk pink :P ), sedangkan yg berbentuk seperti mangkuk kecil berwarna coklat namanya kue cawan, yg berwarna putih ini namanya kue putu dalamnya ada gula merahnya, dan yg terakhir,  kecil-kecil berwarna coklat seperti cincin itulah yg biasa disebut kue cincin..
keempat makanan tersebut diatas sama2 terpuat dari tepung beras, hanya pengolahannya berbeda. dan rasanya ..ehm dijamin Makkknyosss….maniez, gurih dan mengenyangkan hehe, mau tau caranya…nanti kita tanyakan ke tetanggaku namanya Nyak kami..ehm si nyak ini jagonya buat kue khas betawi .
kembang goyang 1
kembang goyang 1
Kembang Goyang dan wajik
Kembang Goyang dan wajik
Nah klo yg ini namanya kembang goyang, makanan ringan berbentuk bunga ini enak loh, “gurih, maniez, dan Cruncy”
The Question is, kenapa namanya kembang goyang? Coz bentuknya seperti bunga ak kembang dan klo pada saat digoreng, cetakan didalam minyak goreng harus digoyangkan dulu, supaya adonannya lepas dari cetakannya begitu jawabanya.Nah dirumah biasanya dibuat kalo ada yg menikah atau mau lebaran, eit jangan salah ini kue laris manis loh dikantorku ..so klo lebaran aku jadiin bisnis aja..lumayan buat nambahin omzet. dan jangan salah asli buatan aku sendiri ..ayo ada yg mo pesan..?? hub noneayu..:D
wajik
wajik
yang ini namanya wajik, terbuat dari gula merah dan kelapa parut, rasanya maniezz..gurih..
trus yg ini apa ay?
pesor
pesor
pesor-dan-kelapa-gongseng
pesor-dan-kelapa-gongseng
nah klo yg ini namanya Pesor, bukan lontong ya..sekilas seperti lontong, tapi yg ini rasanya lebih gurih dan pekat. kalo yg ini asli resep keluarga emak, dan nggak ada disetu. nah si pesor ini biasanya disuguhkan pas lebaran barengan dengan Opor ayam dan sayur sambal godok khas betawi,,ehm sumpeh laper. atau kalo mo yg lebih simple karena peganan ini sudah gurih dan membuat kenyang jika ingin lebih ringan maka bisa dipasangkan dengan kelapa gongseng, cukup dicocol saja ..ehm laper.. :P
dan sajian khas betawi yg nggak pernah kelewat pas lebaran dirumah ku adalah:
manisan-kolang-kaling
manisan-kolang-kaling
manisan-kolang-kaling-2
fotonya  nggak ada bagus2nya ya :P
maklum ini diambil saat lebaran kemarin, pas si emak lagi sibuk2nya terima pesanan.  jadi Pas mo lebaran biasanya si emak terima juga pesanan manisan kolang kaling. Manisan kolang kaling ini dijual pertoples, dibuat dari gula asli, nggak bau karena dicuci sebersih-bersihnya dan dimasak berulang2. Manisan ibuku ini sudah terkenal kemana-mana loh termasuk kantorku..
ehm sekarang tahukan kenapa aku nggak bisa kurus (alasannn!!). Btw jika ada yg protes  ini sebenarnya postingan tentang makanan betawi apa promosi ya :P hehe ya terserah deh yg penting dibaca trus komen dan langsung pesan ya :)
voala…bonapeotyy.
cintailah masakan Indonesia
Selamat menikmati hidangan dirumah anda :)

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...