Rabu, 09 Februari 2011

Mau Tubuh Lebih Kuat? Tirulah Cara Popeye

Smaller  Reset  Larger
CORBIS
 
 Mau Tubuh Lebih Kuat? Tirulah Cara Popeye
Bayam terbukti membuat kinerja otot tubuh efisien
 
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Cara yang dilakukan tokoh pelaut dalam film kartun, Popeye untuk menjadikan tubuhnya kuat melalui konsumsi bayam dibenarkan secara ilmiah. Sebuah studi terbaru mengatakan konsumsi bayam dalam sehari membuat kinerja otot tubuh efisien.

Disebutkan dalam studi itu mengkonsumsi 300 gram sayuran bayam mengurangi 5 persen oksigen yang diperlukan tubuh ketika berolahraga. Tak tanggung efek itu akan berlangsung selama tiga hari.

"Rahasianya bukan zat besi tetapi nitrat alami yang terkandung dalam sayuran," ungkap Dr Eddie Weitzberg, peneliti asal Karolinska Institutet, Swedia seperti dikutip dari Telegraph.co.uk,  pekan ini. Witzberg menjelaskan senyawa nitrat yang terkandung dalam bayam membuat mitokondria, semacam mesin dalam sel, bekerja secara efisien.

 "Boleh dibilang, bayam serupa dengan zat adiktif bagi otot anda," ungkapnya. Karena efeknya yang luar biasa, Witzberg menyarankan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi senyawa nitrat alam yang terdapat dalam sepiring bayam setiap hari.

Kini, peneliti tengah memikirkan untuk menyisipkan senyawa nitrat ke dalam berbagai sayuran guna menghasilkan energi yang lebih besar. Sejauh ini, peneliti belum menemukan sayuran hijau sejenis yang memiliki kadar nitrat alami seperti bayam.

"Kami tahu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan mencegah resiko penyakit kardiovaskular dan diabetes, namun terkait nutrien apa yang memberikan efek demikian belum juga diketahui," paparnya.

Dari riset sebelumnya,  Weitzberg dan kolegnya Jon Lundberg menyimpulkan konsumsi nitrat alami mendukung oksidasi nitrat pada bakteria baik dalam tubuh manusia. Selanjutnya, nitrat juga membuat fungsi mitokondria semakin efisien dalam bekerja.

Popeye merupakan tokoh kartun yang cukup populer hingga kini. Tokoh kartun yang muncul pertama kali pada 1930 ini secara tidak langsung mengkampanyekan konsumsi bayam pada anak-anak. Rupanya penelitian terkait bayam membenarkan cara yang dilakukan Popeye yakni; bila ingin tubuh menjadi kuat maka konsumsilah bayam.
Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Rep: Agung Sasongko

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...