Sabtu, 08 Januari 2011

Ada Empat Kekurangan Penyelenggaran Haji Tahun Ini

Smaller  Reset  Larger
kemenag
Ada Empat Kekurangan Penyelenggaran Haji Tahun Ini
Terminal haji Bandara King Abdul Aziz, Jeddah dipadati jemaah haji Indonesia, akibat terjadinya delay penerbangan
 
REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH— Menteri Agama Suryadharma Ali menilai ada empat kekurangan yang paling menonjol dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.Yakni masalah keterlambatan penerbangan saat kepulangan jamaah, nasi basi untuk jamaah, ketidaksiapan pemondokan, dan minimnya fasilitas kesehatan.
“Soal delay penerbangan saat pemulangan jamaah terus terang saya salahkan Garuda dan imigrasi, jangan sampai Kemenag ikut-ikut kecepretan,” tegasnya dalam evaluasi penyelenggaraan haji  PPIH Arab Saudi yang berlangsung di Makkah, Rabu (22/12). Ia meminta Garuda Indonesia melakukan perbaikan.

Menyangkut masalah nasi basi bagi jamaah di Madinah yang terjadi sampai beberapa kali, ia menyebutnya menyedihkan. ‘’Kita melayani tamu-tamu Allah dengan makanan yang  tidak sehat, sehingga menyebabkan jamaah sakit,” kata dia. Untuk tahun mendatang, ia menyetujui pengawasan katering dari Kementerian Kesehatan.

Terjadinya masalah pemondokan, ia mengatakan tak masuk akal. Akibat ketidaksiapan PPIH Madinah menyambut jamaah, para jamaah tertahan di bandara selama delapan jam. ‘’Jamaah datang tapi pondokan belum siap,’’ katanya.

Terakhir adalah masih kurangnya fasilitas kesehatan. “Penyediaan perawat-perawat khusus jamaah risti harus diadakan,” pinta Menag.

Ia meminta agar penyelenggaraan haji tahun mendatang lebih baik. “Banyak kemajuan yang dicapai penyelenggaraan haji tahun ini, walau masih ada catatan-catatan yang harus diperbaiki,” ucapnya.

4 komentar:

Iffah mengatakan...

salam

mohon izin untuk copy gambar2 diblog anta.

Ahmad Fauzi mengatakan...

ya gak apa-apa ambil saja.... semoga kamu dalam limpahan rahmat dan keberkahan,, amin salam ukhuwah islamiyah....

Abdi Dalem mengatakan...

Smg manajemen haji semakin membaik dari tahun- ke tahun. A' saya mau ijin copas foto2 habaibnya. Oh ya, kalau mau download ceramah para habaib, mampir2 di blog Musholla RAPI, musholla deket rumah ane. Salam kenal....

Ahmad Fauzi mengatakan...

ya silahkan kalau ingin copy paste,,

syukron telah berkunjung ke blog ane,,
semoga antum dalam limpahan rahmat dan keberkahan...

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...