Selasa, 02 November 2010

Koneksi Internet dengan Speedy

Saat ini koneksi internet broadband semakin menjamur. Berbagai provider bermunculan untuk menawarkan jasa penyedia layanan akses internet. Jenis koneksinya pun beragam, mulai dari kabel hingga wireless. Beberapa perusahaan berskala besar diantaranya adalah Indosat, Kabel Vision dan yang baru muncul dan digemari karena tarif murahnya adalah Fastnet dari First Media, sedangkan Telkom sebagai pemain utama memiliki produk andalan yang bernama Speedy.
Dari sekian banyak paket speedy yang ditawarkan ada 2 yang paling digemari konsumen yang akan coba dibahas berikut ini karena relatif lebih mudah untuk didapatkan daripada beberapa lainnya, ramai dibicarakan dan banyak juga yang bingung apa perbedaannya. Yaitu Paket Speedy Unlimited Warnet dan Office. Pihak Telkom Speedy sendiri tidak dengan jelas menjabarkan perbedaan signifikan dari kedua paket tersebut, sedangkan konsumen sebagaimana seharusnya adalah memilih biaya termurah dengan kecepatan internet tertinggi.
Sebenarnya perbedaan antara kedua paket tersebut adalah pada QoS (Quality of Service), hal ini yang mungkin tidak banyak dipahami oleh konsumen.
Banyak orang yang bertanya, sebenarnya apa sih bedanya unlimited warnet dengan unlimited office? Konsumen ingin mendapatkan penjelasan secara garis besar yang mudah dipahami oleh bahasa awam, harganya juga beda hampir 2 kali lipatnya padahal sama-sama unlimited dan di klaim mampu berlari sampai dengan 64/384 kbps.
Jadi begini, menurut informasi yang saya himpun dari berbagai sumber, ternyata ungkapan bahwa “harga gak pernah bohong” itu benar. Kenapa? Karena jelas ternyata perbedaan speedy unlimited warnet dan office adalah di QoS (Quality of Service). Berikut ini saya coba jabarkan:
Speedy unlimited warnet:
1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
2. Harganya Rp. 1.750.000,00 sebelum PPn 10% dan bea materai
3. Kuotanya unlimited
4. QoS bandwidth 32 kB/s (kurang lebih 256 kbps). Artinya minimal konsumen akan mendapatkan kecepatan tidak kurang dari 32 kB/s (walaupun speed upto 384 kpbs yang dijaminkan telkom adalah speed dari modem sampai BRAS)
5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 2 hari
Speedy unlimited office:
1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
2. Harganya Rp. 750.000,00 sebelum PPn dan bea materai
3. Kuotanya unlimited
4. QoS bandwidth 16 kB/s (kurang lebih 128 kbps). Artinya minimal konsumen akan mendapatkan kecepatan tidak kurang dari 16 kB/s. Padahal speedy teorinya bisa sampai 48 kB/s
5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 3 hari
Saya sudah merasakan sendiri bedanya speedy unlimited warnet dengan office ini. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalo koneksi intenet broadband speedy pada jam-jam sibuk koneksi internasionalnya selalu melambat dibandingkan jika mengakses diatas jam 11 malam. Pada waktu menggunakan speedy unlimited office, coba tes pada siang hari dan jam sibuk kecepatan link internasionalnya ternyata berada pada kisaran 18-24 kB/s. Pada malm hari hanya mendapat 38-43 kB/s. Beda halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika siang (jam sibuk) saya tes kecepatan link internasional kecepatannya selalu diatas 30 kB/s.
Satu hal lagi, Speedy unlimited warnet dan office merupakan jalur internet yang selalu di sharing (berbagi pakai) lagi ke beberapa komputer pelanggan. Nah disini juga mulai terasa lagi perbedaannya. Ketika speedy unlimited office dilakukan sharing ke lebih dari 10 komputer dan mereka mengakses internet secara bersamaan, pasti akan terasa sangat lambat. Apabila speedy unlimited office dibagikan koneksinya ke lebih dari 10 PC saya sarankan menggunakan server lagi dengan manajemen bandwidth dan proxy yang baik, jika tidak maka koneksi internet dijamin pasti akan sangat lambat. Lain halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika dishare ke lebih dari 10 PC tanpa menggunakan server, kecepatan akses internetnya masih lumayan stabil.
Lalu muncul beberapa pertanyaan dari pihak konsumen “bisa gak sih speedy unlimited office dipakai untuk warnet”. Saya rasa dari sisi teknis bisa, selama pihak konsumen yakin kalo QoS 16 kB/s itu cukup untuk warnet tersebut. Sementara soal urusan legal atau tidak, saya tidak tahu pasti mengenai hal ini.
Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai koneksi internet broadband speedy:
1. Kecepatan 64/384 kbps adalah kecepatan yang dijaminkan oleh Telkom dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server), apabila setelah BRAS ke gateway internasional ternyata kcepatannya kurang dari itu bukan urusan Telkom.
2. Jika anda ingin berlangganan speedy, tanyakan dulu ke 147 apakah nomor telepon anda dapat digunakan. Karena banyak yang kecewa karena teleponnya tersambung dengan FO serta WLL (bukan kabel fisik tembaga)
3. Pastikan kondisi kabel telepon yang menuju ke modem dalam kondisi yang prima (usahakan untuk menggunakan kabel twisted dengan diameter tembaga 0,6 mm)
4. Gunakan modem yang baik,berkinerja tinggi dan awet. (jangan ragu untuk mencari informasi produk sebelum anda membeli sebuah modem)
5. Setelah anda berlangganan pastikan kondisi SNR margin diatas 25 dB dan line attenuation dibawah 10 dB. Semakin besar nilai SNR margin dan semakin kecil nilai line attenuation maka kualitasnya semakin baik.
6. Apabila anda memilih paket limited, pastikan komputer anda bersih dari virus/trojan/downloader dan sebagainya. Biasakan mematikan modem apabila tidak digunakan (terutama untuk speedy time based).
7. Speedy unlimited warnet akan mendapatkan IP address static, sedangkan speedy office, limited personal, professional dan time based akan mendapatkan IP address dynamic.

8. Modem ADSL seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan kualitas, jadi jangan heran jika nantinya setelah lebih dari setahun digunakan performanya menurun. Indikasi yang paling mudah terlihat adalah lamanya proses connecting modem ke DSLAM.
9. Semakin dekat posisi dengan sentral telepon maka semakin baik pula kualitas koneksi speedy anda.
10. Kualitas sambungan speedy akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kabel dan besarnya interferensi yang memengaruhi.
Pada akhirnya kembali lagi adalah hak bagi konsumen untuk mendapatkan layanan yang baik, walaupun untuk sebuah produk yang sifatnya massal. Tetapi juga adalah sebuah kewajiban bagi konsumen untuk mencari informasi secukupnya mengenai produk yang akan dibelinya, sudah menjadi rahasia umum pula bahwa akses intenet di negeri ini masih termasuk salah satu yang termahal di dunia.
Jadi, apabila anda memiliki koneksi internet yang tidak terbatas (unlimited) dan berkecepatan tinggi. Manfaatkanlah sebaik mungkin dan pergunakan juga untuk hal-hal yang baik, hindari penggunaan internet yang lebih banyak memberikan sisi negatifnya. Semua itu terpulang kembali kepada kualitas moral individunya. (Ardyan Novanto Arnowo)

http://www.nu.or.id/page.php

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...