Senin, 23 Agustus 2010

Ngaji Internet di Masjid Al-Akbar Surabaya

PDF Print E-mail

Pengajian internet akan dipandu beberapa ustadz kondang: Ustadz Yusuf Manshur, Jefri Al-Bukhari, dan lain-lain.

Semarak bulan Ramadhan begitu menggeliat. Sebut saja di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur. MAS, begitu nama masjid megah itu biasa disebut, dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1431 Hijriah, menggelar kegiatan yang bertajuk “Pengajian Internet”.

“Itu bagian dari program ‘Ramadhan Kariim (Ramadhan Yang Mulia), Ayo Ibadah, Ngaji dan Berbagi’, untuk menyiasati sisi negatif teknologi informasi,” kata Ketua Panitia Ramadhan Kariim MAS, Helmy M. Noor, Selasa (10/8), seperti dikutip dari Antara.

Materi pengajian internet itu berbeda setiap hari. Senin bertema Bisnis Islami, Selasa Konsultasi Keluarga Sakinah dan Jelajah Situs Islami, Rabu tentang Tafsir Interaktif, Kamis seputar Fiqih Interaktif, Jumat berjudul Al-Quran Online, Sabtu Moslem Entertainment, dan Minggu bertema Facebook dan Twitter.

Menurut Humas MAS, “Ngaji Internet” berlangsung pukul 13.00-14.30 WIB dengan layanan gratis Wifi dan komputer. Pengajian internet akan dipandu beberapa ustadz kondang: Ustadz Yusuf Manshur, Jefri Al-Bukhari, dan lain-lain. Mereka mengajak para peserta atau jama’ah untuk browsing sesuai dengan tema harian.

Setelah itu para ustadz akan mengkaji dan berdialog dengan peserta. “Setelah menemukan halaman itu, peserta bisa mendiskusikan dengan Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, M.A., (Fiqih Kontemporer), Prof. Dr. H.M. Roem Rowi (Tafsir Tematik), Dr. Hj. Hasniah Hasan (Life Style dan Keluarga Sakinah), dan H. Abdul Hamid Syarifuddin (Al-Quran Online).”

Pengajian dunia maya, yang diluncurkan pada 6 Agustus lalu dan diresmikan Wagub Jawa Timur H. Saifullah Yusuf, memadukan unsur ibadah wajib, misalnya zakat, dan ibadah sunnah, misalnya infaq, shadaqah, dan lain-lain. Mengadakan wisata, misalnya wisata kuliner, wisata belanja. Juga menerima konsultasi, misalnya konsultasi zakat, bisnis syari’ah, dan lain-lain. Dan, yang tak kalah penting, bazar Ramadhan.

Implementasi “Ayo Ibadah”, misalnya, terlihat pada shalat lima waktu, Tarawih, dan shalat malam berjama’ah. Namun, panitia akan menyempurnakan dengan penyelenggaraan shalat malam ganjil berjama’ah yang dipadu sahur bersama.

Untuk “Ayo Ngaji”, terdapat program kajian agama melalui pengajian Tarawih bersama beberapa muballigh ternama Jawa Timur, mengaji atau adarus Al-Quran bersama beberapa huffadz (penghafal Quran), dan mengaji ba’da subuh bersama beberapa ustadz pilihan jama’ah. “Ramadhan tahun ini, panitia juga akan mengadakan Ngaji Takjil (menjelang buka), interaktif, dengan sentuhan yang menghibur,” kata Helmy.

Semntara “Ayo Berbagi” ada pada program berbagi ilmu dan kebahagiaan Ramadhan melalui penggalangan infaq Ramadhan, zakat, shadaqah, dan kemudian mendistribusikannya kepada yang berhak.

Banyak pihak yang begitu antusias membantu program ini. Gubernur Jawa Timur Soekarwo, misalnya, membantu 300 paket sembako. Kadinda Jatim membantu 17.845 nasi takjil. Swalayan Giant membantu screen dan LCD dua unit untuk me-relay kegiatan ibadah, serta bingkisan untuk 500 guru diniyah, takmir mushalla, dan yatim piatu. PT Telkom Indonesia membantu kurma 1,2 ton dan 2.000 nasi takjil.

“Kami tetap menunggu bantuan umat Islam lainya melalui Ramadhan Corner di Sekretariat MAS,” kata Helmy.

SEL

2 komentar:

Rahmat Supriyanto mengatakan...

luar biasa bisa ngaji lewat internet.

Bisa ajarin saya membuat kalimat yang bisa berjalan seperti yang ada di Blog antum di bagian atas? terima kasih sebelumnya:-)

Wassalam,

Rahmat founder http://4funandhappy.co.cc/

Ahmad Fauzi mengatakan...

Salam Sejahtera semoga antum dalam lindungan allah swt. amienn yaa robbal alamin.!!!

insya allah bisa dan mudah kok. siapa ada kemauan pasti ada jalan keluar.

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...