Jumat, 25 Juni 2010

Wafat Shekh Abdullah Ghadyan Anggota Dewan Ulama Senior Saudi


Wafat Shekh Abdullah Ghadyan Anggota Dewan Ulama Senior Saudi

RIYADH (voa-islam): Telah meninggal dunia Syekh Abdullah Al-Ghadyan Anggota Dewan Senior Ulama di Arab Saudi pada hari Selasa.

Dan jenazah Syekh Abdullah Ghadyan akan dishalatkan setelah Ashar hari Rabu di masjid Al-Rajhi di Riyadh.

Beliau rahimahullah menderita penyakit yang tak tersembuhkan selama hampir empat bulan, dan masuk rumah sakit pada bulan Safar lalu, dan menjalani operasi untuk menghilangkan tumor, tetapi proses tersebut tidak berhasil dan beliau meninggal dunia.

Tentang Syekh:
Sheikh rahimahullah adalah Abdullah bin Abdul Rahman bin Abdul Razak Bin Qassim Alu Ghadyaan dari Alu Muhadits dari Bani Anbar dari Bani Amru bin Tamim, lahir pada tahun 1345 H di kota Zulfi, dan belajar membaca dan menulis dimasa kecil kepada Abdullah bin Abdul Aziz Al-Suhaimi dan Abdullah Bin Abdul Rahman Al Ghaith, serta Faleh Al-Rumi dan belajar dasar-dasar ilmu fikih, tauhid, nahwu, dan ilmu faraidh kepada Syeikh Hamdan Bin Ahmed Al-Batel dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Riyadh pada tahun 1363 H dan masuk sekolah dasar Saudi Arabia (sebelumnya sekolah untuk anak yatim) sekitar tahun 1366 H di mana beliau lulus pada tahun 1368 H.

Beliau diangkat menjadi guru di sekolah Aziziyah dan pada tahun 1371 H memasuki Institut Ilmiah dan selama periode ini telah belajar kepada Sheikh / Muhammad Bin Ibrahim Alu Sheikh juga telah belajar ilmu fikih kepada Syekh / Saud bin Rasyud(hakim Riyadh), dan Sheikh / Ibrahim bin Suleiman,dalam ilmu tauhid, dan Syekh / Abdul Latif bin Ibrahim dalam ilmu tata bahasa dan faraidh, dan kemudian melanjutkan studinya hingga lulus di Fakultas Syariah di tahun 1376 H.

Kemudian beliau diangkat menjadi Ketua Pengadilan Khaibar dan kemudian dipindahkan untuk mengajar di Mahad Ilmi tahun 1378 H. Pada tahun 1380 H diangkat menjadi dosen di Fakultas Syariah pada tahun 1386 H, dan dipindahkan mejadi anggota fatwa dalam Badan Fatwa, dan pada tahun 1391 H diangkat sebagai anggota Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa, disamping sebagai anggota Dewan Ulama Senior Saudi Arabia.

(ar/islammemo)

http://www.voa-islam.com

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"









"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog