Sabtu, 01 Mei 2010

Masjid Al-Fatih, Megah dan Indah





Written by Publisher Team
Wednesday, 10 June 2009 13:43

Arsitekturnya didesain selama empat tahun, berdasarkan arsitektur budaya Arab, Persia, Maroko, Mughal, dan Turki.

Jika Anda sempat ke Bahrain, Timur Tengah, jangan lupa berkunjung ke masjid Al-Fatih. Selain sebagai tempat ibadah yang berkapasitas sekitar 7.000 jemaah, Al-Fatih juga menjadi salah satu tujuan wisata.

Jutaan wisatawan domestik dan mancanegara berbondong-bondong mengunjungi masjid megah yang terletak di sebelah istana mendiang Raja Bahrain, Sheikh Isa bin Salman, di Manama itu. Sang raja membangunnya pada akhir 1987.

Masjid terbesar di Bahrain ini didesain dengan memadukan arsitektur budaya Arab, Persia, Maroko, Mughal dan Turki selama empat tahun, sejak Juni 1988 hingga Desember 1983. Di sepanjang dindingnya terlukis kaligrafi ayat-ayat suci Al-Quran yang sangat indah, sementara kubahnya yang berukuran besar terbuat dari fiberglass murni dengan bobot lebih dari 60 ton.

Masjid ini juga berfungsi sebagai pusat pengembangan dakwah Islam. Di sana terdapat perpustakaan berstandar internasional, sebuah gedung teater, aula serbaguna, ruang kuliah, galeri, kafetaria, dan sebuah tempat penyimpanan dokumen dan literatur Islam dalam berbagai bahasa.

Jika sempat berkunjung ke sana, Anda akan disambut oleh pramuwisata yang menguasai berbagai bahasa. Bukan hanya itu, Anda juga tidak dipungut bayaran sepeser pun. Waktu berkunjung pun bebas, sesuai jam bukanya.

Masjid dibuka pada hari Kamis sampai Sabtu, jam 09.00 sampai 16.00 waktu setempat. Namun, untuk menjaga kesucian masjid, para wisatwan diminta berbusana sopan. Bagi wanita misalnya, telah disiapkan selembar abaya berpenutup kepala. Pada hari Jumat masjid tentu saja tertutup bagi wisatawan, sebab akan digunakan untuk menunaikan shalat Jumat. Kapan Anda berkunjung ke sana? SEL, dari berbagai sumber

3 komentar:

esteqqama mengatakan...

mohon copy artikel

Ahmad Fauzi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ahmad Fauzi mengatakan...

ya tak apa-apa yang pnting mencantumkan data sumbernya.....

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...