Minggu, 07 Maret 2010

Gubernur DKI Akan Undang Gubernur Mekah ke Jakarta


Selama kunjungan kedua pemimpin pemerintah daerah itu, saling menyampaikan membicarakan masalah hubungan bilateral kedua negara

Hidayatullah.com--Untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kota Jakarta dengan kota Mekah yang selama ini telah terbina dengan baik, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo secara resmi mengundang Amir (Gubernur) Mekah Khalid bin Faisal untuk berkunjung ke Jakarta.

Undangan ini merupakan bentuk kehormatan karena sebelumnya di sela-sela ibadah umrah yang dijalani Gubernur Fauzi Bowo pada 24-28 Februari, orang nomor satu di Jakarta itu juga menyempatkan diri mengunjungi Gubernur Mekah Khalid bin Faisal dan memberikan kenang-kenangan sebuah keris antik yang dibuat untuk melawan penjajah di Indonesia.

Kepergian Gubernur Fauzi Bowo ke Arab Saudi ini, setelah mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan mendapatkan apresiasi cukup positif dari Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Yang Mulia Abdul Hayyat, dan sebagai bukti nyata hubungan baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi. Bahkan, lebih khusus lagi karena adanya kerjasama dua kota kembar antara kota Jakarta dan kota Jedah.

Karena itu, selain mendapatkan fasilitas dan kemudahan selama di Arab Saudi, Gubernur Fauzi Bowo juga direkomendasikan Dubes Arab Saudi sebagai tamu pemerintah dan dapat diterima oleh Gubernur Mekah Khalid bin Faisal.

Usai melakukan umrah, Gubernur Fauzi Bowo juga mengadakan kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawaroh, dan kembali lagi ke Mekah untuk melakukan tawaf wada`.

Sedangkan pertemuan antara Gubernur Fauzi Bowo dengan Gubernur Mekah Khalid bin Faisal dilakukan Sabtu (27/2) pukul 11.15. Dalam kunjungan kehormatan itu, Gubernur Fauzi Bowo didampingi oleh Konsul Jendral RI Gatot Abdullah Mansyur, anggota DPD DKI Djan Faridz, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Pemprov DKI M Sukanta AS, dan Kepala Protokol Konjen RI Dedi Setiadi.

Selama kunjungan kehormatan kedua pemimpin pemerintah daerah itu, di samping saling menyampaikan penghormatan, juga membicarakan masalah hubungan bilateral kedua negara dan lebih khusus lagi masalah-masalah kedua pemerintah daerah yang berkaitan dengan masalah sosial budaya, ekonomi, dan masalah keagamaan.

Di masa mendatang kedua kepala daerah juga berinisiatif dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan yang lebih optimal lagi, khususnya dalam masalah ibadah haji. Dengan dukungan dari dua kepala daerah Jakarta dan Mekah diharapkan Departemen Agama RI yang membidangi masalah agama, khususnya pelaksanaan ibadah haji, akan dapat menanganinya secara profesional, sehingga ke depan jamaah haji Indonesia akan mendapatkan bimbingan ibadah haji yang baik dan mendapatkan akomodasi, terutama pemondokan, yang berada pada ring 1 atau 2.

Dengan begitu, para jamaah haji, khususnya asal DKI Jakarta, akan merasakan kenyamanan beribadah dan kekhusyuan yang merupakan prasyarat dari kemabruran ibadah haji seseorang. [bjkt/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...