Senin, 14 Desember 2009

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman pada senja hari

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh.

Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya.

Mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968).

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut.

Tabloid Gema Baiturrahman

Sejak 3 Sepetember 1993, Remaja Masjid Raya Baiturrahman hingga kini telah mengeluarkan 900an edisi khutbah Jumat dalam bentuk Tabloid Gema Baiturrahman. Tabloid ini menggunakan thema Menuju Islam Kaffah di pimpin oleh Drs. H. Ameer Hamzah sebagai Pimpinan Umum, Ir. H. Basri Abu Bakar, M.Si sebagai Pimpinan redaksi dan Ridha Yunawardi sebagai Pimpinan usaha. Para jama'ah masjid raya Baiturrahman senang bila setiap jumat pagi telah mendapatkan Tabloid Gema Baiturrahman yang berisikan berita terkini tentang keacehan dan keislaman. Lihat www.gemabaiturrahman.blogspot.com

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...