Kamis, 03 September 2009

KH.TAMIM IRSYAD

KH.Tamim Irsyad dilahirkan di desa pereng bankalan madura.Tanpa diketahui tanggal dan tahun kelahiranyasecara pasti.
Beliau adalah alumni pondok pesantren bangkalan dalam asuhan kyai kholil.ketika telah menyelesaikan purna studi,bersama keluarga kecilnya merantau ke pulau jawa untuk menurutkan kata hati untuk mencari ketenangan hidup sambil mengamalkan ilmu yang ia miliki.
Kala sampai di suatu desa yang bernama pajaran,beliau merasa penasaran kabar burung kampung di sebelah kampung pajaran yang katanya suram sesuram kabut hitam.belia merasa ditantang oleh prooblema kemasyarakatan tersebut.itulah kemudian beliau ambil tempat di desa pejaran untuk mencurahkan petualangan islamnya berasama keluarga kecilnya
Akan tetapi rupanya merasa kurang pas tingal di desa pajaran dan berpindahlah beliau di poros tempat rawan yang menjadi ganjalan masyarakat,yaitu desa rejoso lokasi ponpes darul ‘ulum sekarang.
Kyai tamim dikaruniaioleh allah empat orng putra yaitu Muh fadhil,st,Fatimah,Muhammad Romly Tamim dan Muhammad zainal yang kemudian populer dengansebutan Umar Tamim.anak pertama beliau meninggal ketika masih di madura.
Beliau sendiri wafat di rejoso pda 11 muharom 1326 H.dengan meniggalkan amanat poandok pesantren pada cucu cicitnya.
kh.Romli Tamim,tahun 1888-1958M.
Tokoh romlitamim kelahirn rejoso tahun 1888M beliau adalah putra ketiga kyai haji Tamim Irsyad. Pengalamn belajarnya diperolehdari ayah dan kakak iparnya dalam usia muda,sedang masa menjelang dewasanya dididik di pondok pesantren bangkalan seperti kakak dan ayahbeliau,yaitu dibawah asuhahan kyai cholil.dari pendidikan ini kemudian diteruskan di pondok pesantren Tebu Ireng yang di asuh oleh kyai Hasyim Asy’ari.

Waktu kyai Tamim sudah membantu kyai Hasyim Asy’ari sebagai tenaga pengajar,kyai Hasyim Asy.ari mulai menaruh simpati dan menyayangi tenaga baru tersebut.dari sinilah simpati itu berlanjut dan akhirnya pada tahun1023 kyai Romli Tamim diambil menantu oleh kyai Hasyim Asy’ari.dalam pernikahan initidak menghasilkan satu anakpun.

Seusai pengabdian di Tebu Ireng,dan setelah merasa gagal pada perkawinan yang pertama beliau menikah lagi dengan putri dari desa besuk jombang yang bsrnama nyai Maisaroh.perkawinan ini menghasilkan dua orang putra yaitu Ihsomudin yang telah dulu kembali ke rahmatullah dan Musta,in Romli.sepeninggal nyai Maisaroh beliau menikahlagi dengan nyai Khodijah hingga berputra : A.rifa’I Shonaji,A.Dhimyathy., Moh.Daman Huri dan Tamim.

Di akhir hayatnya beliau sebagai al mursyid toreqot qodriah wanasabandiah mengggantikan kyai Cholil . selama perjalanan hidupnya beliau telah menyusun beberapa buku pegangan toreqot antra lain risalatul waqi’ah risalah sholawat nariah dan tsamatul fikriah,allah swt memanggil kembali ke sisinya pada 16 aomadhon 1377 H atau 16 april 1958 M.

DR .KH MUSTA’IN ROMLI
Kh Musta’in Romli lahir di Rejoso pada tanggal 31 agustus 1931 sejak kecil ia mendapat pendidikan langsung dari keduaorang tuanya. Dan pada tahun 1949 M, melanjutkan pendidikan di Semarang dan Solo di akademi dakwah al-mubalighih di perguruan ini bakat kepemimpinanya amat menonjol sehingga dalam waktu relatif singkat mengajak sahabat sahabatnya dari daerah jombang,mendirikan persatuan maha siswa jombang.studi lembaga ini di akhiri tahu 1954.

Pada tahun 1954 beliau aktif di nahdlotul ulama jombang tempat asalnya dan kemudian menjadi pengurus ipnu pusattahun 1954-1956.upaya menerpa dirisupaya lebih matang sebagai pemimpin pondok pesantren darul ulum.kyai Mustain banak bekerjasama keberbagai pondok dan lembaga pendidikan pada umumnya.mulai tingkat nasional sqmpai internasional..oleh karena itulah pada tahun 1963 beliau studi muhibah ke negara negara eropa dan timur tengah yaxng jua berziarah ke makam Syeh Abdul Qodir Jailani tokoh pemrakarsa ilmu toreqot diiraq.hal ini penting mengingat di Indonesiasebagai al- mursyid toreqot qodriah wanasabandiah. Olehkarena kunjungan ini antara lain mendorong berdirinya Universitas Darul’ Ulum pada 18 september 1965.Universitas Darul ‘Ulum sendiri diprakarsai olehdr. Kyai haji musta’in romli,kh,Bisri Cholil . k Achmad Badawi Cholil, Mohammad Wiyono.kh Muhammad As’ad Umar

Pada tahun 1977 beliau mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Macau University . pada tahun 1981 lawatan ke timur tengah di lakukan kembalidengan hasil kerja sama pertukaran pelajar antara universitas darul ‘ulum dengan Irak University dan dengan Kuwait University dalam entuk bea siswa study Kuwait .
Ada than 1984 ,beliau berkunjung ke casa blanca, marokotepatnya pada bulan januai 1984 ,yaitu mengikuti kunjungan kenegaraan bersama wakil presiden RI dalam konferensi tingkat tinggi OKI . kujungan ini dilanjutkan ke prancis dan jerman barat.selanutnya pada bulan juli pad tahun yang sama kh Musta’in

Tidak ada komentar:

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"MAJELIS RASULULLAH SAW"

"PERADABAN BARU ISLAM (FITRAH MANUSIA)"

Seaching Blog

Memuat...