Yang
pertama kali dan satu-satunya dijuluki ‘Al-Faqih Al-Muqaddam’ di
kalangan Alawiyin adalah waliyullah Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib
Mirbath. Soal gelar yang disandangnya, karena waliyullah Muhammad bin
Ali seorang guru besar yang menguasai banyak sekali ilmu-ilmu agama
diantaranya ilmu fiqih. Salah seorang guru beliau Ali Bamarwan
mengatakan, bahwa beliau menguasai ilmu fiqih sebagaimana yang dikuasai
seorang ulama besar yaitu al-Allamah Muhammad bin Hasan bin Furak
al-Syafi’i', wafat tahun 406 Hijriah.
Sedangkan gelar al-Muqaddam di depan
gelar al-Faqih yang berasal dari kata Qadam yang berarti lebih
diutamakan, dalam hal ini waliyullah Muhammad bin Ali sewaktu hidupnya
selalu diutamakan sampai setelah beliau wafat maqamnya yang berada di
Zanbal Tarim sering diziarahi kaum muslimin sebelum menziarahi maqam
waliyullah lainnya.Waliyullah Muhammad bin
Ali dilahirkan di kota Tarim, beliau anak laki satu-satunya dari Imam
Ali bin Muhammad Shahib Mirbath yang menurunkan 75 leluhur kaum
Alawiyin, sedangkan Imam Alwi bin Muhammad Shahib Marbad menurunkan 16
leluhur Alawiyin, termasuk di antaranya yang dikenal sebagai walisongo,
di tanah Jawa, Indonesia. Sayyid Muhammad bin Ali yang terkenal dengan
nama al-Faqih al-Muqaddam ialah poros sesepuh semua kaum Alawiyin.
Selengkapnya nama beliau Sayyidina Al
Faqihi Muqaddam Muhammad bin Ali bin Al Imam Muhammad Shahib Mirbath bin
Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidullah (Abdullah) bin Imam
Al Muhajir Ahmad bin Isa bin Muhammad an Naqib bin Al Imam Ali Al
Uraidhi bin Ja’far as Shadiq bin Al Imam Muhammad al Baqir bin Al Imam
Ali Zainal Abidin binl Imam Hussein As Sibith bin Imam Ali bin Abi
Thalib Suami Al Batul Fatimah az-Zahra binti Rasullullah Muhammad saw.
Beliau dilahirkan pada tahun 574 H di Tarim.
Beliau seorang yang hafal al-quran serta
menguasai makna yang tersurat dan tersirat dari Qur’an, dan selalu
sibuk menuntut berbagai macam cabang ilmu pengetahuan agama, hingga di
akui oleh Ulama Hadramaut saat itu bahwa beliau telah mencapai tingkat
sebagai mujtahid mutlak. Beliau dikenal dengan gelar lain yakni ustadzul
A’zham (Guru besar), beliau adalah bapak dari semua keluarga Alawiyin,
keindahan kaum muslimin dan agama Islam. Dari keistimewaan yang ada pada
Sayyidina Al-Faqihi Al muqaddam adalah tidak suka menonjolkan diri,
lahir dan batinnya dalam kejernihan yang ma’qul (semua karya pemikiran)
dan penghimpun kebenaran yang manqul (nash-nash Alquran dan Sunnah).
Beliau adalah seorang Mustanbith al-furu’ min al-ushul (ahli merumuskan
cabang-cabang hukum syara’ yang digali dari pokok-pokok ilmu fiqih. Ia
adalah Syaikh Syuyukh al-syari’ah (mahaguru ilmu syari’ah) dan seorang
Imamul Ahlil Hakikat (Imam ahli hakikat), Sayidul thaifah Ash-Shufiyah
(Penghulu Kaum Sufi) Murakiz Dairah al-Wilayah al-Rabbaniyah, Qudwah
al-’Ulama al-Muhaqqiqin (panutan para ulama ahli ilmu hakikat), Taj
al-A’imah al-’Arifin (mahkota para Imam ahli ma’rifat), Jami’ul Kamalat
(yang terhimpun padanya semua kesempurnaan), sedang dalam segala
kesempurnaannya beliau berteladan kepada Amir al-Mukminin (Imam Ali bin
Abi Thalib). Thariqahnya adalah kefakiran yang hakiki dan kema’rifatan
yang fitrah. Beliau Imam Faqihi Muqadam adalah penutup Aulia-illah (para
waliullah) yang mewarisi maqam Rasulullah saw, yaitu maqam Qutbiyah Al
Kubra (Wali Quthub besar).
Imam Muhammad Bin Ali belajar fiqh
Syafi’i kepada Syeikh Abdullah bin Abdurahman Ba’Abid dan Syeikh Ahmad
Bin Muhammad Ba’Isa, belajar Ushul dan ilmu logika kepada Imam Ali Bin
Ahmad Bamarwan dan Imam Muhammad Bin Ahmad Bin Abilhib, belajar ilmu
Tafsir dan Hadits kepada seorang Mujtahid bernama Sayid Ali bin Muhammad
Bajadid, belajar ilmu tasawuf dan hakikat kepada Imam salim Bashri,
Syeikh Muhammad Ali Al Khatib dan pamannya Syeikh Alwi Bin Muhammad
Shahib Mirbath serta Syeikh Sufyan Al Yamani yang berkunjung ke
Hadramaut dan tinggal di kota Tarim.
Diantara karamah-karamah yang nampak pada diri beliau adalah ketika anak beliau Ahmad mengikuti beliau ke suatu wadi di pertengahan malam, maka sesampainya di wadi tersebut beliau berdzikir dengan mengeluarkan suara, maka batu dan pohon serta mahluq yang ada di sekeliling tempat itu semuanya ikut berdzikir. Beliau juga dapat melihat negeri akhirat dan segala kenikmatannya hanya dengan melihat di antara kedua tangannya, dan melihat dunia dengan segala tipu dayanya melalui ke dua matanya.
Diantara karamah-karamah yang nampak pada diri beliau adalah ketika anak beliau Ahmad mengikuti beliau ke suatu wadi di pertengahan malam, maka sesampainya di wadi tersebut beliau berdzikir dengan mengeluarkan suara, maka batu dan pohon serta mahluq yang ada di sekeliling tempat itu semuanya ikut berdzikir. Beliau juga dapat melihat negeri akhirat dan segala kenikmatannya hanya dengan melihat di antara kedua tangannya, dan melihat dunia dengan segala tipu dayanya melalui ke dua matanya.
Di antara sikap tawadhunya, beliau tidak
mengarang kitab-kitab yang besar, akan tetapi ia hanya mengarang dua
buah kitab berisi uraian yang ringkas. Kitab tersebut berjudul : Bada’ia
Ulum Al Muksysyafah dan Ghoroib Al Musyahadat wa Al Tajalliyat. Kedua
kitab tersebut di kirimkan kepada salah satu gurunya Syeikh Sa’Adudin
Bin Ali Al Zhufari yang wafat di Sihir tahun 607 H. Setelah melihat dan
membacnya ia merasa takjub atas pemikiran dan kefasihan kalam Imam
Muhammad Bin Ali. Kemudian surat tersebut di balas dengan menyebutkan di
akhir tulisan suratnya : ‘’Engkau wahai Imam, adalah pemberi petunjuk
bagi yang membutuhkannya’’. Imam Muhammad Bin Ali pernah ditanya tentang
300 macam masalah dari berbagai macam ilmu, maka beliau menjawab semua
masalah tersebut dengan sebaik-baiknya jawaban.
Rumah beliau merupakan tempat berlindung bagi para anak yatim, kaum faqir dan para janda. Jika rumah beliau kedatangan tamu, maka ia menyambut dan menyediakan makanan yang banyak, dimana makanan tersebut tersedia hanya dengan mengangkat tangan beliau dan para tamu untuk berdoa dan memohon kepada Allah swt. Sebagaimana sabda rasulullah saw :”Sesungguhnya para saudaraku jika ia mengangkat tangannya untuk memohon makanan, maka akan tersedia makanan tersebut dalam jumlah yang banyak”.
AsSyeikh Abdurahman AsSeqaf berkata : ”Tidak aku lihat dan aku dengar suatu kalam yang melebihi kalam Imam Al faqihi Muqadam kecuali kalam para Nabi”. Sedang Imam Al faqihi Muqadam bernah berkata kepada kaumnya ’’Kedudukan ku terhadap kalian seperti kedudukan Nabi Muhammad kepada kaumnya’’. Didalam riwayat lain AsSyeikh Abdurahman AsSeqaf : berkata ’’Kedudukan ku terhadap kalian seperti kedudukan Nabi Isa kepada kaumnya’’. Berkata AsSyeikh Al Kabir Abu Al Ghaits Ibnul Jamil :’’Derajat kami tidak akan menyamai derajat Imam Al Faqihi Muqadam, terkecuali hanya setengahnya saja’’. Dalam salah satu kalimat yang ditulisnya kepada gurunya Syeikh Sa’aduddin, Imam Al Fiqihi Muqadam bekata ‘’Aku telah di Mi’rajkan ke Sidratul Muntaha sebanyak tujuh kali ( dilain riwayat dua puluh tujuh kali).
Disuatu saat Al Imam Faqihi Muqadam duduk bersama sahabatnya, ketika itu ada seseorang yang nampak seperti Badui datang mengunjunginya, dengan di atas kepalanya membawa keju. Maka berdiri Imam Faqihi Muqadam untuk mengambil keju tersebut lalau memakannya. Para sahabatnya yang hadir saat itu merasa heran dan bertanya : ‘’Siapa dia ? maka beliau menjawab : Khidir as. Kejadian tersebut menjelaskan bahwa : Allah telah mengangkat derajat Al Faqihi Muqadam sebagai seorang Ahli Hakikat dan Ahli Kasyaf. Ini terlihat dari isyarat keju yangdi makannya dari kepala Nabi Khidir as. Keju tersebut di ibaratkan sebuah buah dari sebuah dari hasil mujahadah para wali. Dan di jadikan Imam Al Faqihi Muqadam bagi para wali seperti kedudukan Malaikat Jibril terhadap para Nabi. Syeikh Fadhal bin Abdullah Bafadhal berkata : ‘’Banyak dari manusia yang mendapatkan anugrah dari imam Al Faqihi Muqadam lantaran didikan dan kebaikannya, khususnya dua orang Syeikh Kabir Abdullah bin Muhammad Abbad dan Syeikh Said Bin Umar Balhaf’’.
Imam Muhammad Bin Ali Al Faqihi Muqadam berdoa untuk para keturunannya agar selalu menempuh perjalanan yang baik, jiwanya tidak di kuasai oleh kedzaliman yang akan menghinakannya, serta tidak ada satupun dari anak cucunya yang meninggal kecuali dalam keadaan mastur ( Kewalian yang tersembunyi ).
Beliau seorang yang gemar bersedeqah sebanyak dua ribu ratl kurma kepada yang membutuhkannya, memberdayakan tanah pertaniannya untuk kemaslahatan umum. Beliau juga menjadikan isterinya Zainab Ummul Fuqara sebagai khalifah beliau.
Mengenai kesufian beliau. Adapun sumber penisbatan Al-Khirqah dan Silsilah Isnad Didalam Kesufian Beliau Al Faqihi Muqadam, diterangkan mengambil sanad Khirqah Kesufian berasal dua jalur, salah satu dari jalur ayah-kakek beliau ( Ahlulbait ), yakni beliau dididik dan menerimanya dari ayah beliau, Ali bin Muhammad dan dari paman beliau, Alwi bin Muhammad, keduanya menerima dari ayahnya Muhammad Syahib Mirbath, beliau menerimanya dari ayahnya, Ali Khali’ Qasam, beliau menerimanya dari ayahnya, Alwi Shahib Samal, beliau menerimanya dari ayahnya, Ubaidillah, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam Muhajir Ahmad bin Isa, beliau menerimanya dari ayahnya, Isa an-Naqib, beliau menerimanya dari ayahnya, Muhammad, beliau menerimanya dari ayahnya, Ali al-Uraidhi, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam Ja’far as-Shoddiq, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam Muhammad al-Baqir, beliau menerimanya dari ayahnya, Ali Zainal Abidin, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam al-Hussein dan dari pamannya al-Imam al-Hassan, keduanya menerima dari kakeknya Nabi Muhammad SAW, juga dari ayahnya al-Imam Ali bin Abi Thalib sedangkan Nabi SAW menerimanya dari Allah seperti yang beliau katakan:
“Aku dididik oleh Tuhanku dan ia mendidikku dengan sebaik-baik didikan”.Rumah beliau merupakan tempat berlindung bagi para anak yatim, kaum faqir dan para janda. Jika rumah beliau kedatangan tamu, maka ia menyambut dan menyediakan makanan yang banyak, dimana makanan tersebut tersedia hanya dengan mengangkat tangan beliau dan para tamu untuk berdoa dan memohon kepada Allah swt. Sebagaimana sabda rasulullah saw :”Sesungguhnya para saudaraku jika ia mengangkat tangannya untuk memohon makanan, maka akan tersedia makanan tersebut dalam jumlah yang banyak”.
AsSyeikh Abdurahman AsSeqaf berkata : ”Tidak aku lihat dan aku dengar suatu kalam yang melebihi kalam Imam Al faqihi Muqadam kecuali kalam para Nabi”. Sedang Imam Al faqihi Muqadam bernah berkata kepada kaumnya ’’Kedudukan ku terhadap kalian seperti kedudukan Nabi Muhammad kepada kaumnya’’. Didalam riwayat lain AsSyeikh Abdurahman AsSeqaf : berkata ’’Kedudukan ku terhadap kalian seperti kedudukan Nabi Isa kepada kaumnya’’. Berkata AsSyeikh Al Kabir Abu Al Ghaits Ibnul Jamil :’’Derajat kami tidak akan menyamai derajat Imam Al Faqihi Muqadam, terkecuali hanya setengahnya saja’’. Dalam salah satu kalimat yang ditulisnya kepada gurunya Syeikh Sa’aduddin, Imam Al Fiqihi Muqadam bekata ‘’Aku telah di Mi’rajkan ke Sidratul Muntaha sebanyak tujuh kali ( dilain riwayat dua puluh tujuh kali).
Disuatu saat Al Imam Faqihi Muqadam duduk bersama sahabatnya, ketika itu ada seseorang yang nampak seperti Badui datang mengunjunginya, dengan di atas kepalanya membawa keju. Maka berdiri Imam Faqihi Muqadam untuk mengambil keju tersebut lalau memakannya. Para sahabatnya yang hadir saat itu merasa heran dan bertanya : ‘’Siapa dia ? maka beliau menjawab : Khidir as. Kejadian tersebut menjelaskan bahwa : Allah telah mengangkat derajat Al Faqihi Muqadam sebagai seorang Ahli Hakikat dan Ahli Kasyaf. Ini terlihat dari isyarat keju yangdi makannya dari kepala Nabi Khidir as. Keju tersebut di ibaratkan sebuah buah dari sebuah dari hasil mujahadah para wali. Dan di jadikan Imam Al Faqihi Muqadam bagi para wali seperti kedudukan Malaikat Jibril terhadap para Nabi. Syeikh Fadhal bin Abdullah Bafadhal berkata : ‘’Banyak dari manusia yang mendapatkan anugrah dari imam Al Faqihi Muqadam lantaran didikan dan kebaikannya, khususnya dua orang Syeikh Kabir Abdullah bin Muhammad Abbad dan Syeikh Said Bin Umar Balhaf’’.
Imam Muhammad Bin Ali Al Faqihi Muqadam berdoa untuk para keturunannya agar selalu menempuh perjalanan yang baik, jiwanya tidak di kuasai oleh kedzaliman yang akan menghinakannya, serta tidak ada satupun dari anak cucunya yang meninggal kecuali dalam keadaan mastur ( Kewalian yang tersembunyi ).
Beliau seorang yang gemar bersedeqah sebanyak dua ribu ratl kurma kepada yang membutuhkannya, memberdayakan tanah pertaniannya untuk kemaslahatan umum. Beliau juga menjadikan isterinya Zainab Ummul Fuqara sebagai khalifah beliau.
Mengenai kesufian beliau. Adapun sumber penisbatan Al-Khirqah dan Silsilah Isnad Didalam Kesufian Beliau Al Faqihi Muqadam, diterangkan mengambil sanad Khirqah Kesufian berasal dua jalur, salah satu dari jalur ayah-kakek beliau ( Ahlulbait ), yakni beliau dididik dan menerimanya dari ayah beliau, Ali bin Muhammad dan dari paman beliau, Alwi bin Muhammad, keduanya menerima dari ayahnya Muhammad Syahib Mirbath, beliau menerimanya dari ayahnya, Ali Khali’ Qasam, beliau menerimanya dari ayahnya, Alwi Shahib Samal, beliau menerimanya dari ayahnya, Ubaidillah, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam Muhajir Ahmad bin Isa, beliau menerimanya dari ayahnya, Isa an-Naqib, beliau menerimanya dari ayahnya, Muhammad, beliau menerimanya dari ayahnya, Ali al-Uraidhi, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam Ja’far as-Shoddiq, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam Muhammad al-Baqir, beliau menerimanya dari ayahnya, Ali Zainal Abidin, beliau menerimanya dari ayahnya, al-Imam al-Hussein dan dari pamannya al-Imam al-Hassan, keduanya menerima dari kakeknya Nabi Muhammad SAW, juga dari ayahnya al-Imam Ali bin Abi Thalib sedangkan Nabi SAW menerimanya dari Allah seperti yang beliau katakan:
Sedang jalur yang ke dua, Beliau Al
Faqihi Muqadam diterangkan mengambil sanad Khirqah Kesufian di bawah
usia 20 tahun, dari seorang Sufi terkemuka yang berasal dari Maroko.
Selengkapnya yakni; lewat Abu Madyan al-Maghribi (Syeikh Syu’aib bin
Husain Al Anshari) yang wafat di tahun 594 H, dengan perantaraan
Abdurrahman Al-Muq’ad dan Abdullah As-Shaleh. Sedangkan Syeikh Syu’aib
Abu Madyan menerimanya dari Syeikh Abu Ya’za al-Maghribi, beliau
menerimanya dari Syeikh Abul Hasan bin Hirzihim atau yang dikenal dengan
nama Abu Harazim, beliau menerimanya dari Syeikh Abu Bakar bin Muhammad
bin Abdillah ibnl Arabi dan Al-Ghadi Al-Mughafiri. Sedangkan ibnl
Al-Arabi menerimanya dari Syeikh Al Imam Hujjatul Islam Al-Ghadzali,
beliau menerimanya dari gurunya, iaitu Imam al-Haramain Abdul Malik bin
Syeikh Abu Muhammad Al-Juwaini, beliau menerimanya dari ayahnya, Abu
Muhammad bin Abdullah bin Yusuf, beliau menerimanya dari Syeikh Abu
Thalib al-Makki, beliau menerimanya dari Syeikh Syibli, beliau
menerimanya dari Syeikh Junaid Al Baghdadi, beliau menerimanya dari
pamannya, yaitu As-Sirri As-Siqthi, beliau menerimanya dari Syeikh
Ma’ruf al-Karkhi, beliau menerimanya dari gurunya, Syeikh Daud at-Tho’i,
beliau menerimanya dari Syeikh Habib al-’Ajmi, beliau menerimanya dari
Imam Hasan al-Basri, beliau menerimanya dari Imam Ali bin Abi Thalib,
beliau menerimanya dari Rasulullah SAW, beliau menerimanya dari malaikat
Jibril, dan beliau menerimanya dari Allah Ta’ala.
Imam al-Faqih al-Muqaddam Muhammad bin
Ali, wafat di kota Tarim tahun 653 hijriah dan di makamkan Di Zanbal,
Tarim pada malam Jum’at akhir bulan Dzulhijah.
[Disarikan dari Syarh Al-Ainiyyah,
Nadzam Sayyidina Al-Habib Al-Qutub Abdullah bin Alwi Alhaddad Ba'alawy,
karya Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zain Alhabsyi Ba'alawy] & Idrus
Alwi Al Masyhur dalam Bukunya Menelusuri Silsilah Suci Bani Alawi
(Yayasan Al Mustarsyidin : 2002, DLL)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar