AL-LU’LU’U WAL-MARJAN
Dengan
pertolongan Alloh swt. ada barokah Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman
Al-Ishaqi R.A. kami berusaha untuk menerbitkan Manaqib Hadrotus-Syaikh
Muhammad Utsman Al-Ishaqi untuk pertama kali dengan bahasa Indonesia,
dengan harapan akan mudah difahami oleh kaum muslimin yang mencintai
beliau khususnya para muridin dan muridat beliau untuk lebih memantapkan
Robithoh kepada beliau sewaktu akan melakukan dzikir serta agar selalu
mendapatkan barokah apa saja dari beliau baik di dunia maupun di akhirat
nanti khususnya dalam menghadapi sakarotul maut.
Karena dengan selalu dekat kepada guru rahmat Alloh akan selalu mengalir terus kepada murid yang selalu dekat kepada guru tersebut.
Karena dengan selalu dekat kepada guru rahmat Alloh akan selalu mengalir terus kepada murid yang selalu dekat kepada guru tersebut.
Manaqib ini kami bagi menjadi tiga Bab dengan Penjelasan sebagai berikut :BAB I : Menceritakan tentang biografi beliau sejak di dalam rahim ibu sampai beliau menetap kembali di Surabaya untuk membuka Pesantren dan memimpin Thoriqoh QODIRIYYAH dan NAQSYABANDIYYAH.
BAB II : Menjelaskan tentang keistimewaan dan keluhuran beliau disisi Alloh seperti yang diungkap¬kan oleh para Habaib dan para Auliya’ yang sudah terkenal akan kewaliannya.
BAB III : Membicarakan tentang kekeramatan beliau yang tiada habis-habisnya sampai beliau pulang ke Rahmatulloh.Demikian manaqib ringkas ini kami sampaikan mudah-madahan ada guna dan manfaatnya untuk kita semua Amin.Gresik, 20 Syawal 1404 HPenyusunH. ABDUL GHOFFAR UMAR
BAB I
Dibawah ini kami murid Hadrotus-Syaikh Al-Arif Billah K.H. MUHAMMAD UTSMAN AL-ISHAQI R.A. bernama H. ABDUL GHOFFAR UMAR Tenger Manyar Gresik, dengan rendah hati menyampaikan sekelumit Manaqib (Biografi) Hadrotus-Syaikh guru Toriqoh AL-QODIRIYYAH WAN NAQSYABANDIYYAH.
Dibawah ini kami murid Hadrotus-Syaikh Al-Arif Billah K.H. MUHAMMAD UTSMAN AL-ISHAQI R.A. bernama H. ABDUL GHOFFAR UMAR Tenger Manyar Gresik, dengan rendah hati menyampaikan sekelumit Manaqib (Biografi) Hadrotus-Syaikh guru Toriqoh AL-QODIRIYYAH WAN NAQSYABANDIYYAH.
Manaqib
ini dikumpulkan dari pengakuan dan pernyataan para Habib serta para
Ulama yang mengenal Hadrotus-Syaikh baik secara lahir maupun secara
batin. Diantaranya pengakuan dan pernyataan dari Habib Alie bin
Abdurrohman Al-Habsyi Kwitang Jakarta, Habib Ali bin Husain bin Muhammad
Al-Atthos Bungur Besar Jakarta. Habib Abdul Qodir Bilfaqih Malang,
Habib Abdulloh Al-Haddad, Habib Zasssin Al-Jufri. Kyai Hamid Karang
Binangun Lamongan, Kyai Abdul Hamid Pasuruan, Nyai Khodijah dan lain
lain. Juga dari Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman r.a. sendiri sebagai
Attahaddus bin-Ni’mah atas dasar Firman Allah :
واما بنعمة ربك فحدث
Juga untuk menjaga jangan sampai ada orang yang mengingkari atau menentangnya atau mencelanya. Juga terhadap Masyayikh yang lain, menyebut manaqib sendiri semacam ini pernah dilakukan oleh Ulama’ terdahulu untuk memperkenalkan hal ihwal mereka kepada orang lain agar ditiru seperti Syaikh Abdul Ghofir Al-Farisi Syaikh Al Asfahany, Syaikh Yaqut Al-Hamawy, Syaikh Abu Al-Robi’ Al-¬Maliki, Syaikh Shofiyuddin Al-Manshur serta Syaikh Jala¬luddin Al-Suyuti, Imam Suyuti umpamanya telah menyebut¬kan Manaqib dirinya dalam kita-kitab Thobaqoh yaitu Thobaqoh Al-Fuqoha’ Thobaqoh Al-Muhadditsin Thobaqoh Al-¬Mufassirin Thobaqoh Al-Nuhaat, Thobaqoh Al-Sufiyah dan Thobaqah Al-Muqriin.
واما بنعمة ربك فحدث
Juga untuk menjaga jangan sampai ada orang yang mengingkari atau menentangnya atau mencelanya. Juga terhadap Masyayikh yang lain, menyebut manaqib sendiri semacam ini pernah dilakukan oleh Ulama’ terdahulu untuk memperkenalkan hal ihwal mereka kepada orang lain agar ditiru seperti Syaikh Abdul Ghofir Al-Farisi Syaikh Al Asfahany, Syaikh Yaqut Al-Hamawy, Syaikh Abu Al-Robi’ Al-¬Maliki, Syaikh Shofiyuddin Al-Manshur serta Syaikh Jala¬luddin Al-Suyuti, Imam Suyuti umpamanya telah menyebut¬kan Manaqib dirinya dalam kita-kitab Thobaqoh yaitu Thobaqoh Al-Fuqoha’ Thobaqoh Al-Muhadditsin Thobaqoh Al-¬Mufassirin Thobaqoh Al-Nuhaat, Thobaqoh Al-Sufiyah dan Thobaqah Al-Muqriin.
Kata Imam
Suyuti : Saya menyebutkan manaqib saya hanyalah mengikuti perbuatan
orang-orang salaf yang sholeh-sholeh, dan untuk memperkenalkan hal ihwal
saya dalam bidang ilmu agar orang lain menirunya, juga untuk
Attahadduts bin ni’mah.
Adapun
manaqib Hadrotus-Syaikh yang terperinci dan mendetail ada di dalam kitab
“SYIFAUL QULUB LIQOUL MAHBUB” yang disusun oleh Kyai Haji Abdulloh
Faqih suci Gresik. dan kemudian kami susun kembali kedalam bahasa Arab
secara sistematis dan praktis dalam kitab “AL-LU’LU’ WALMARJAN FI
MANIQIBI SYAIKH MUHAMMAD UTSMAN R.A.
Dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim kami mulai menyampaikan manaqib (biografi) Hadrotus-Syaikh sebagai berikut :
Dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim kami mulai menyampaikan manaqib (biografi) Hadrotus-Syaikh sebagai berikut :
Menurut
nasab yang sudah tersusun rapi di dalam keluarga, Hadrotus-Syaikh
Muhammad Utsman adalah seorang sayyid dan seorang habib, sebab itu yang
mengandung beliau adalah keturunan Maulana Muhammad Ainul Yaqin
Al-mulaqqob bi Sunan Giri bin Maulana Ishaq Al-Husaini dan ayah beliau
adalah keturunan Sunan Gunung Jati juga Al-husaini. dengan demikian
hadrotus-syaikh Muhammad Utsman Al-Ishaqi anak cucu Rosululloh saw.
Hadrotus-Syaikh dilahirkan di Jatipurwo Surabaya pada hari Rabu bulan Jumadil Akhiroh tahun 1334 H. setelah beliau bertapa selama 16 bulan di dalam rahim ibu beliau dan selama di dalam rahim ibu beliau sering bersin, di dalam bahasa Arab di sebut Al-Atthos, dan sejak kecil keistimewaan dan kekeramatan beliau sudah nampak setelah Hadrotus-Syaikh sudah bisa berjalan. Beliau selalu tidak ada dirumah setelah Maghrib, dan baru pulang setelah jam 11 malam badan beliau penuh dengan lumpur. Ternyata setelah diselidiki, beliau berada di sungai didekap oleh seekor Buaya Putih.
Hadrotus-Syaikh dilahirkan di Jatipurwo Surabaya pada hari Rabu bulan Jumadil Akhiroh tahun 1334 H. setelah beliau bertapa selama 16 bulan di dalam rahim ibu beliau dan selama di dalam rahim ibu beliau sering bersin, di dalam bahasa Arab di sebut Al-Atthos, dan sejak kecil keistimewaan dan kekeramatan beliau sudah nampak setelah Hadrotus-Syaikh sudah bisa berjalan. Beliau selalu tidak ada dirumah setelah Maghrib, dan baru pulang setelah jam 11 malam badan beliau penuh dengan lumpur. Ternyata setelah diselidiki, beliau berada di sungai didekap oleh seekor Buaya Putih.
Setiap
malam Hadrotus-Syaikh selalu tidur di surau (langgar) bersama nenek
beliau Kyai Abdulloh, selain nenek beliau tidak ada seorangpun yang
berani mendapingi sewaktu beliau tidur, karena dari mata beliau
memancarkan sinar terang seakan-akan mau menembus Iangit bagaikan lampu
sorot (battery).
Ketika
beliau berumur 6 sampai 7 tahun, pada suatu malam nampak bulan-bulan
yang banyak turun dari langit seraya memancarkan sinarnya menuju
Hadrotus-Syaikh dan mengitari beliau dari segala arah.
Sejak beliau berumur 4 tahun setiap pagi pada Jam 3.00. Istiwa’ beliau keluar rumah menuju Masjid Jami’ Ampel Surabaya diantar oleh kakak perempuan beliau Nyai Khodijah untuk membaca tarhim (memanggil-manggil sholat fajar) sampai datang waktu Shubuh di menara Masjid.
Sejak beliau berumur 4 tahun setiap pagi pada Jam 3.00. Istiwa’ beliau keluar rumah menuju Masjid Jami’ Ampel Surabaya diantar oleh kakak perempuan beliau Nyai Khodijah untuk membaca tarhim (memanggil-manggil sholat fajar) sampai datang waktu Shubuh di menara Masjid.
Setiap
kali beliau sampai dipintu gerbang Ampel beliau selalu disambut
anak-anak kecil yang banyak se¬kali memakai kopyah putih semua, setelah
beliau sampai di masjid anak-anak kecil tersebut hilang entah kemana.
Dan baru muncul kembali sewaktu beliau hendak pulang dari masjid pada
jam 7.00 pagi untuk mengantarkan beliau ke pintu gerbang. Dan setelah
itu mereka menghilang kembali, demikian cerita Nyai Khodijah dan Kyai
Anwar.
Ketika
beliau umur 7 tahun, beliau sudah mengkhatamkan Al-Qur’an 3 kali dibawah
asuhan nenek beliau Kyai Abdullah. Kemudian beliau di khitan (sunat).
Barulah beliau berpindah mengaiji ke Kyai Adro’i Nyamplungan, sejak itu
sepulangnya beliau dari Ampel, beliau terus menuju ke Nyamplungan untuk
mengaji Al-Qur’an, setelah itu beliau menuju ke madrosah Tashwirul Afkar
di Gubbah untuk mengaji agama, dan baru pulang setelah jam 10.0 pagi.
Seharinya beliau hanya mendapatkan sangu 5 Sen yang berlobang tengah
yang beliau tempelkan di kancing baju.
Pernah
selama 4 talaun Hadrotus-Syaikh tidak makan kecuali daun-daunan dan
buah-buahan dan hanya minum air masak saja. Pada waktu itu beliau
tentukan belanja beliau hanya 1/2 Sen. Beliau mengatakan, pada waktu
saya masih kecil pada suatu hari saya bernafsu sekali ingin makan, maka
sayapun makan sekenyang kenyangnya, tetapi sebagai dendanya Saya harus
mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali duduk. Dan beliau mengatakan : Pada
suatu hari saya menangisi diri saya karena ketika saya sholat saya ingat
layang-layang, padahal saya sudah berumur 12 tahun, berarti 3 tahun
lagi saya sudah baligh dan Mukallaf, bagaimana kalau saya masih ingat
pada layang-layang pada waktu sholat ?!
Kyai Ahmad
Asrori Kholifatus Syaikh Muhammad Utsman Al-Ishaqi mengatakan kepada
kami, bahwa ayah beliau pernah mengatakan : Ketika saya menginjak umur
13 tahun, mata saya melihat Ka’bah di Makkah secara rel dan nyata. Maka
mata sayapun saya usap berkali-kali (saya ucek-ucek), tetapi tetap saja
yang nampak hanyalah Ka’bah di Makkah. Kemudian saya berpikir, mungkin
mata saya sudah rusak, dan saya minta dibelikan kaca mata khusus untuk
melihat, akan tetapi hasilnya sama saja. Ka’bah di Makkah tetap nampak
di pelupuk mata saya, Kata Kyai Asrori : Itulah awal kasyaf yang dialami
oleh Hadrotus-Syaikh, dan sejak itu kata Hadrotus-Syaikh saya melihat
orang dengan segala kepribadiannya, ada yang menyerupai Srigala ada yang
seperti Truwelu, ada yang seperti Babi, seperti Ayam, Kucing dan lain
sebagainya menurut pembawaan nafsunya masing-masing, tetapi saya tidak
berani berkata terus terang, sebab itu adalah rahasia seseorang.
Pada suatu
hari Hadrotus-Syaikh sampai larut malam tidak pulang dari Madrasah
seperti biasanya pada jam 10.00 pagi, maka ributlah orang-orang tua
mengkhawatir¬kan beliau. Maka imam Roudloh Kyai Nur atas izin orang tua
beliau berangkat mencari beliau, dan oleh karena diberitakan bahwa
Hadrotus-Syaikh berada di pondok Kyai Khozin Panji, maka Kyai Nur pun
berangkat ke sana. Tetapi sesampai Kyai Nur di Siwalan Panji,
Hadrotus-Syaikh sudah Pindah ke pondok Kyai Munir Jambu Madura.
Setelah
orang tua beliau mendengar demikian itu, beliau mengatakan : tidak usah
mencari Utsman, yang penting dia sehat. Setelah beberapa lama tinggal di
pondok, beliau sakit keras, maka terpaksa beliau pulang kerumah. Dan
setelah berobat Al-hamdulillah beliau sembuh kembali. Kemudian
Hadrotus-Syaikh dipondokkan ke Kyai Hasyim Asy’ari di Tebu Ireng,
selanjutnya beliau dipondokkan ke Kyai Romli Peterongan Jombang. Pada
waktu itu Hadrotus-Syaikh benar-benar terikat, beliau mengatakan :
sewaktu saya dikirim oleh orang tua saya kepondok, sarung saya hanya
satu lembar, apabila najis maka saya memakai tikar sebagai gantinya
untuk sholat. Dan selama saya di pondok, saya tidak pernah pulang ke
rumah kecuali badan saya sudah kurus benar. Sebab apabila saya pulang
dan badan saya gemuk, saya di marahi oleh orang tua dan nenek. Pernah
pada suatu hari saya pulang badan saya gemuk, spontan nenek saya
mengatakan : Kalau kau tinggal dipondok. untuk makan dan mimurn. Lebih
baik tinggal dirumah saja.
Ketika
Hadrotus-Syaikh pulang dari pondok, pada suatu hari beliau menyaksikan
adanya hubungan-hubungan khusus yang diselenggarakan oleh tujuh orang
pemuda dan tujuh orang pemudi setiap hari disamping musholla di muka
rumah beliau, maka beliau melihat hal yang tidak senonoh ini akhirnya
beliau adukan kepada Kyai Romli dengan mengatakan : yai ! saya melihat
ada mutiara di dalam air yang keruh dan najis, apakah saya harus
mengentasnya (menyelamatkanya) ? Kyai Romli menjawab : Entaslah wahai
Utsman ! dengan syarat hatimu tidak berpaling kepadanya, kalau hatimu
berpaling kepadanya, maka kau tidak akan berjumpa denganku besok di
Mahsyar. Maka beliaupun mengumpulkan pemuda dan pemudi yang 14 orang itu
dirumah beliau setiap malam, beliau ikuti pembicaraan-pembicaraan
mereka yang intim itu sambil beliau masuk-masukkan (sesel-seselkan)
urusan keagamaan mereka, dan beliau peringatkan tentang siksa Alloh
ta’ala. sampai akhirnya taubat dengan taubat nasuha (taubat yang pokok).
Hadrotus-Syaikh
pernah diadukan oleh seorang ulama kepada Kyai Romli karena beliau
mengadu ayam, Kyai Romli menjawab : Saya tidak berani melarangnya dan
Kyai tidak usah meniru mengadu ayam. Kawan dekat Hadrotus-Syaikh bernama
Kyai Haji Hasyim Bawean menceritakan kepada kami bahwa Hadrotus-Syaikh
dibai’at oleh Kyai Romli pada hari Rabu 16 Sya’ban tahun 1361 H atau
1941 M. Setelah beliau dibai’at selama satu minggu heliau menyusun
silsilah Thoriqoh Qodiriyah dan Naqsyabandiyyah atas perintah Kyai Romli
di namakan “TSAMROTUL FIKRIYYAH” .
Hadrotus-Syaikh
mengatakan : saya dibai’at oleh Kyai Romli atas permintaan Kyai Romli
sendiri. Pada waktu itu saya dimasukkan kekamar Kyai dan didudukkan di
atas Burdah yang putih bersih di atas tempat tidur Kyai dan dipinjami
Tasbih. padahal waktu itu kaki saya berlumpur karena hujan, karena sudah
menjadi Tradisi, setiap kali saya masuk kerumah Kyai, kaki saya pasti
telanjang tanpa alas kaki. Dengan demkian, sebelum saya jadi murid saya
adalah Murod dan sebelum saya menjadi tholib saya adalah Mathlub. Dalam
kesempatan lain Hadrotus-Syaikh mengatakan untuk menghadiri Majlis
Khusus atau wirid Khataman selama 4 tahun saya terus menerus berjalan
kaki memakai klompen dari Surabaya. ke Paterongan, barulah kadang-kadang
saya naik kendaraan setelah ketahuan Kyai Hasyim Asy’ari di Mojoagung
dan beliau mengatakan : jangan jalan kaki terus-menerus Utsman.
Selanjutnya Kyai Hasyim Bawean mengatakan pada adik waktu terjadi Perang
Dunia II tahun 1942 M Hadrotus-Syaikh sekeluarga pindah sementara ke
Peterongan, kalau siang hari berada di dalam pondok.
Pada suatu
hari, hari Selasa beliau disuruh menghadap Kyai Romli pada jam 2.00
malam untuk diangkat menjadi mursyid Thoriqoh Al-Qodiriyah Wan
Naqsyabandiyyah, Hadrotus-Syaikh waktu itu mengatakan “tidak kuat Kyai”
tetapi Kyai Romli tet’ap melaksanakan perintah Alloh kemudian
mengusapkan tangannya diatas kepala Kyai Utsman r.a. seketika itu pula
Hadrotus-Syaikh jatuh tidak sadarkan diri dan langsung jadzab Selama
satu minggu Hadrotus-Syaikh mengalami jadzab beliau tidak makan, tidak
minum, tidak tidur, tidak buang air besar maupun kecil dan tidak sholat,
wajah beliau cantik sekali bagaikan Bulan Purnama, tidak seorang pun
yang berani melihat wajah beliau yang Cantik itu.
Setelah
Hadrotus-Syaikh mengalami jadzab satu minggu, beliau berkata kepada Kyai
Hasir Bawean : nanti malam akan datang tamu-tamu banyak sekali tidak
perlu suguhan makanan atau minuman, maka pada jam 8.00 kurang sepuluh
menit malam Hadrotus-Syaikh sudah siap menerima tamu dikamar, dan
menghadap kepintu, tidah lama kemudian beliau mengucapkan :
Waalaikumussalam, Walaikumussalam. selama kurang lebih lima menit, dan
nampak seakan-akan.
Hadrotus-Syaikh
menjabat tangan orang-orang sambil menundukkan kepala, kemudian beliau
mengatakan : Mulai hari ini saya ditetapkan sebagai mursyid langsung
oleh Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani dan Nabiyulloh Khidir r.a. Serta oleh
sejumlah Masyayikh Al-Qodiriyah Wan Naqsyabandiyyah, dan sejak sekarang
saya di izinkan untuk membai’at. sambil menyerahkan sepucuk kertas
kepada Kyai Hasyim.
Kemudian
Hadrotus-Syaikh menghadap kebarat sekali lagi dan mengucapkan na’am
na’am tepat pada jam 8.00 lebih 5 menit malam itu Hadrotus-Syaikh
berdiri menuju kepintu, setelah diam sejenak beliau mengucapkan
wa’alaikumussalan, wa’alaiku¬mussalam, kemudian oleh Kyai Hasyim,
Khadrottus Syaikh disuruh mandi setelah satu minggu tidak mandi dan
ketika itulah Kyai Hasyim cepat-cepat pergi ke Kyai Romli untuk
mengantarkan sepucuk kertas tadi, dan Kyai Romli spontan menemuinya di
luar rumah seraya mengatakan : Ada apa ? ada apa ? ada apa ? Ketika Kyai
Romli membaca sepucuk kertas itu spontan Kyai mengatakan dengan bahasa
Madura yang maksudnya : Alhamdulillah sekarang saya punya anak yang bisa
menggantikan saya (sampai 3 kali).
Orang tua
Hadrotus-Syaikh juga pernah menyatakan hal-hal kepada salah seorang
habib bahwa Hadrotus-Syaikh telah mendapatkan ijazah dari Syaikh Abdul
Qodir Jailanil r.a, untuk berdakwah dan diangkat sebagai kholifahnya
tanpa perantara, pernyataan ini disampaikan pada tahun 1947 M.
Pada waktu
Hadrotus-Syaikh tinggal di Rejoso ada seorang tukang adu ayam kawa’an
yang sangat populer di Jombang bernama Wak Sud dia memiliki jago-jago
yang khusus untuk di adu, Hadrotus-Syaikh tertarik untuk menundukkan
orang ini melalui adu ayam, maka beliau membawa ayam beliau ke Wak Sud
dan dia menjawab ajakan Hadrotus-Syaikh dengan mengatakan : Apa bila
jagomu menang melawan jagoku maka semua kekayaanku adalah milikmu,
sebaliknya apa bila jagomu kalah saya tidak menuntut apa-apa darimu,
maka Hadrotus-Syaikh menjawab : Apa bila jagomu menang kemudian kau
ambil kekayaanku memang saya tidak mempunyai sesuatu yang patut disebut,
dan apabila sebaliknya jagoku yang menang maka saya sama sekali tidak
butuh kepada kekayaanmu sama sekali, Pokoknya begini Apabila jagoku
menang kamu harus tunduk dan patuh dibawah perintahku, dan wak Sud
setuju.
Dengan
kekuasaan Alloh swt. menanglah jago Hadrotus-Syaikh sekalipun kurus
kecil dan lemah sekali sangat kontras dengan jagonya wak Sud yang kekar
dan gagah itu, maka waktu Kyai Romli melihat wak Sud melakuka’n sholat.
Kyai Romli memegang pundak Hadrotus-Syaikh dari belakang seraya
mengatakan : Apa yang kamu lakukan terhadap wak Sud wahai Utsman
sehingga dia mendatangi sholat Jum’at, pada hal saya tidak mampu
menundukkannya ? .
Dipeterongan
Hadrotus-Syaikh tinggal di desa Nge¬lunggih tidak jauh dari Rejoso atas
saran Kyai Romli dengan maksud agar beliau menjadi Imam di Ngelunggih,
akibatnya murid-murid Kyai Romli banyak yang pindah he Ngelunggih untuk
mendapatkan barokah dari Hadrotus-Syaikh serta ilmu beliau.
Akhirnya Hadrotus-Syaikh disuruh pindah oleh Kyai Romli ke salah satu desa dekat Gunung Lawu di Ngawi. Ketika Hadrotus-Syaikh sampai dilereng Gunung Lawu sangu beliau tinggal Rp. 1.70 (satu rupiah tujuh puluh sen) tidak cukup untuk membeli beras 1 liter, maka untuk mendapatkan rizqi yang samar, beliau Setiap hari : mengunjungi pesarean yang paling di kenal oleh orang di desa itu. Karena beliau cinta dan hobby melakukan ziarah akhirnya atas kemurahan Alloh beliau sekeluarga mendapatkan rizgi yang tidak diduga sebelumnya, diantara orang kampung ada yang mengundang beliau untuk mengikuti tahlilan ada yang minta barokah do’a, ada yang minta fatwa, sampai akhirnya Hadrotus-Syaikh menjadi populer di desa itu dan kemudian menjadi imam di desa itu.
Akhirnya Hadrotus-Syaikh disuruh pindah oleh Kyai Romli ke salah satu desa dekat Gunung Lawu di Ngawi. Ketika Hadrotus-Syaikh sampai dilereng Gunung Lawu sangu beliau tinggal Rp. 1.70 (satu rupiah tujuh puluh sen) tidak cukup untuk membeli beras 1 liter, maka untuk mendapatkan rizqi yang samar, beliau Setiap hari : mengunjungi pesarean yang paling di kenal oleh orang di desa itu. Karena beliau cinta dan hobby melakukan ziarah akhirnya atas kemurahan Alloh beliau sekeluarga mendapatkan rizgi yang tidak diduga sebelumnya, diantara orang kampung ada yang mengundang beliau untuk mengikuti tahlilan ada yang minta barokah do’a, ada yang minta fatwa, sampai akhirnya Hadrotus-Syaikh menjadi populer di desa itu dan kemudian menjadi imam di desa itu.
Diantara
kekeramatan Hadrotus-Syaikh di desa tersebut, beliau bermimpi berjumpa
dengan Hadrotus-Syaikh Kyai Hasyim Asy’ari Tebu Ireng berpamitan kepada
beliau dengan mengatakan : Saya duluan Utsman. tahu-tahu pada esok
harinya beliau mendengar berita bahwa Kyai Hasyim Asy’ari meninggal
dunia (pulang kerahmatullah) .
Menjelang
meletusnya Madiun Effer (peristiwa Madiun pada tahun 1948 M
Hadrotus-Syaikh berkali-kali menerima surat serta saran agar beliau
pulang saja ke Surabaya karena situasinya tidak mungkin aman di daerah
itu. Mendengar pulangnya Hadrotus-Syaikh ini, sebagian besar penduduk di
lereng Gunung Lawu itu keberatan ditinggalkan Hadrotus-Syaikh ; karena
mereka memerlukan do’a, ilmu, serta barokah dari beliau bahkan ada yang
berjanji memberikan 20 hektar kebun kepada Hadrotus-Syaikh agar beliau
sudi tetap tinggal di desa itu. Tetapi setelah beliau melakukan
istikhoroh akhirnya beliau menetapkan kembali ke Surabaya.
BAB IIKetika Hadrotus-Syaikh menjadi santri di pondok Rejoso beliau masih muda belia, sering di jumpai oleh Nabi Khidir a.s. sehingga beliau laporkan kepada Kyai Romly dan dijawab oleh Kyai : Mengapa tidak kau minta datang kemari wahai Utsman.
Hadrotus-Syaikh
sejak kecil sampai akan pulang kerahmatulloh selalu istiqomah dalam
segala prilaku, perbuatan, serta ucapan yang beliau tiru dari Rosululloh
saw. Kita tidak pernah melihat beliau hadats dan kita semua menyaksikan
bahwa keseluruhan waktunya hanyalah untuk mnemgabdi kepada Alloh swt.
maka pantaslah kalau beliau dipilih oleh Kyai Romly sebagai Kholifahnya.
Dalam hubungan ini Kyai Romly pernah bermimpi bahwa di Surabaya
terdapat sebuah pabrik besar yang terus mene¬rus berproduksi di bawah
pimpinan Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman r.a. Itulah Thoriqoh
Al-Qodiriyah Wan Naqsyabandiyyah yang beliau asuh.
Sebelumnya
Kyai Romly sering menampakkan dan melahirkan ridlonya kepada
Hadrotus-Syaikh, sampai beliau mengatakan : Alangkah besar ridlo saya
kepadamu wahai Utsman. Dan Hadrotus-Syaikh meminta pendapat tentang
Kholifah Syaikh Abdul Qodir Jailani r.a. Kyai Romly tersenyum-senyum
sambil melihat dan menunjuk pada Hadrotus-Syaikh. sebaliknya
Hadrotus-Syaikh kepada Kyai Romly juga fanatik dan sering merindukannya
apabila berpisah agak lama.
Pada suatu
hari putra beliau Abu Luqmanul Hakim sewaktu masih kecil jatuh dan
terbentur pada tepi meja di rumahnya sehingga dari kepalanya mengalir
darah yang banyak sekali yang cukup meributkan keluarga beliau. Maka
oleh keluarga beliau supaya beliau mengantarkan putranya ke rumah sakit
Karang Tembok dan kalau tidak berhasil terus ke Simpang, padahal
Hadrotus-Syaikh ketika itu akan pergi ke Rejoso karena sangat rindu
kepada Kyai Romly, maka beliau berkata dalam hatinya : saya harus pergi
ke Rejoso, tentang nasib anak saya, saya pasrahkan kepada Alloh.
Ketika
beliau berjumpa dengan Kyai Romly di Rejoso, guru beliau mengatakan :
Anakmu tidak apa-apa. Dan benar kata kyai romly bahwa Abu Luqmanul Hakim
dalam keadaan sehat wal afiyat, bahkan sedang memakan nasi goreng
sekembalinya Hadrotus-Syaikh dari Rejoso berkat ketaatan serta kecintaan
beliau kepada guru beliau Kyai Romly Attamimy r.a. juga pada suatu hari
ketika akan menyelenggarakan walimah dirumah setelah maghrib, beliau
terlebih dahulu meminta izin kepada Kyai Romly dan sampai di Rejoso
tepat pada waktu sholat Dzuhur, sesudah sholat berjama’ah di masjid guru
beliau Kyai Romly mengatakan kepada beliau : sekiranya kau tinggal di
pondok seperti yang lalu, maka malam ini saya ajak memenuhi undangan
Manaqiban di Jombang.
Maka
Hadrotus-Syaikh bimbang antara mendampingi gurunya memenuhi undangan
Manaqiban di Jombang dan pulang kerumah untuk mengharapkan tamu-tamu
yang beliau undang Kerumah beliau pada malam itu juga. Akhirnya beliau
memantapkan pendirian beliau pada alternatilf pertama dan berkata dalam
diri sendiri : saya pasrah kepada Alloh toh nasi-nasi yang telah masak
di rumah ada orang-orang yang memakannya, sedang menyertai guru adalah
lebih utama. ketika Kyai Romly mengetahui beliau masih ada di masjid
setelah sholat Asar berkatalah beliau kepada Hadrotus-syaikh : murid
yang terdekat kepada gurunya adalah murid yang tahu akan rahasia-rahasia
gurunya.
Kegemaran
Hadrotus-Syaikh adalah berziaroh kepada wali-wali Alloh baik yang masih
hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan beliau mengenal mereka
secara dekat. Bukan hanya nama-nama mereka bahkan nasab mereka dan
hubungan mereka satu sama lain. Sampai-sampai beliau hidup-hidupkan dan
beliau semarakkan peringatan hari wafat mereka, terutama wafatnya Syaikh
Abdul Qodir Jailani r.a. sehingga hampir tiada hari yang lewat di kota
maupun desa terutama di Jawa Timur, kecuali terdapat disitu majlis
manaqib.
Dalam hubungannya ini Hadrotus-Syaikh mentafsirkan qolbunsalim dalam ayat :
يوم لاينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم
Sebagai hati yang selamat dari penyakit batin dan penuh rasa cinta kepada Alloh, Rosulnya, dan para wali-walinya. sebab kata beliau tanpa wali-wali kita tidak mungkin dapat mengabdi kepada Alloh s.w.t dengan benar, maka banyak-banyaklah tawasul kepada Auliya’ insya Alloh hati kita akan menjadi khusu’. Yang mula pertama kali menyelenggarakan Managib adalah Hadrotus-Syaikh dan kemudian direstui oleh Kyai Romly At-tamimi dengan menyatakan : “baik Man, teruskan Man !”
يوم لاينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم
Sebagai hati yang selamat dari penyakit batin dan penuh rasa cinta kepada Alloh, Rosulnya, dan para wali-walinya. sebab kata beliau tanpa wali-wali kita tidak mungkin dapat mengabdi kepada Alloh s.w.t dengan benar, maka banyak-banyaklah tawasul kepada Auliya’ insya Alloh hati kita akan menjadi khusu’. Yang mula pertama kali menyelenggarakan Managib adalah Hadrotus-Syaikh dan kemudian direstui oleh Kyai Romly At-tamimi dengan menyatakan : “baik Man, teruskan Man !”
Mula-mula
yang hadir pada majlisan Managib di Jatipurwo selama 4 tahun hanyalah 7
orang 3 orang diantaranya pada musim panas udzur karna mengidap penyakit
paru-paru. Pada suatu hari ditengah-tengah Hadrotus-Syaikh memimpin
Istighotsah, datanglah orang yang tidak dikenal secara tiba-tiba dan
langsung menelentangkan beliau dan melingkarkan pedangnya pada leher
beliau yang terlentang dibawah itu. Peristiwa yang tragis ini
diceritakan kepada Kyai Romly, dan beliau hanya menjawab : Teruskan apa
yang telah kamu amalkan, orang tersebut tidak berani menancapkan
pedangnya pada lehermu, bahkan dalam waktu dekat ini tidak akan berpisah
denganmu sejengkalpun.
Dan
kenyataannya seperti apa yang dinyatakan oleh Kyai Romly. Tentang
keutamaan menaqiban ini Hadrotus-Syaikh mengatakan : Tidak ada ibadah
kepada Alloh dimuka bumi ini yang lebih utama dari pada mencintai
wali-wali Alloh, dan beliau mengatakan pula : mencintai para wali
termasuk ketaatan yang terbesar, dan mereka yang menghadiri majlis
managib adalah orang-orang yang cinta kepada mereka dan mencintai mereka
adalah bukti akan adanya rasa cinta kepada Alloh s.w.t.
Berkah
cintanya Hadrotus-Syaikh kepada para Auliya’ maka beliau sangat dicintai
oleh para habaib dan para ‘Ulama’ akhirat, diantaranya Habib Ali bin
Abdurrohman Al-Habsyi, Habib Ali bin Husain bin Muhammad Al-Atthos,
Habib Abu Bakar Muhammad Al-Segaf dan Hadrotus-Syaikh sering berziaroh
kepada mereka dan menghadiri haul mereka. Pada suatu hari
Hadrotus-Syaikh bermaksud untuk berziaroh ke Habib Abu Bakar Muhammad
Al-Segaf di Gresik sewaktu Habib masih hidup, beliau berjalan kaki dari
Surabaya ke Gresik di tengah-tengah hujan lebat ditambah suara petir dan
guruh yang saling sambar menyambar di tengah malam yang gelap gempita,
ditambah angin kencang yang dapat menerbangkan atap rumah, sehingga
Hadrotus-Syaikh sewaktu sampai di Gresik waktu sudah larut malam dan
dalam keadaan basah kuyup tetapi Habib Abu Bakar nampak masih membuka
pintunya lebar-lebar dan penjaga pintu masih berdiri.
Ketika
Hadrotus-Syaikh melewati pintu pagar, penjaga pintu mengatakan bahwa
sejak tadi sore Habib menunggu kedatangan Hadrotus-Syaikh dengan penuh
kegelisahan dan kekhawatiran. Ketika beliau menghadap habib semua
jama’ahnya yang mengelilingi habib semua ta’zhim kepada beliau dan
mengeluh-eluhkan kehadiran beliau. Akhirnya Habib Abu Bakar bertanya
tentang apa yang beliau mohon kepada Alloh dengan perantara Habib, yang
kemudian dijawab oleh Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman Nadil Ishaqi r.a
“Minta Khusnul Khotimah” habib termenung lama memikirkan betapa luhurnya
permohonan Hadrotus-Syaikh.
Sebelumnya,
Hadrotus-Syaikh sudah mempunyai hubungan khusus dengan Habib Ali bin
Abdurrohman Al-Habsyi Kwitang Jakarta, seperti pernyataan habib Hasyim
bin Sholeh bin Abdurrohman Al-Habsyi bahwa Hadrotus-Syaikh Muhammad
Utsman r.a. telah mendapatkan futuh melalui Habib Ali bin Abdurrohman
Al-Habsyi r.a. pada suatu hari Kamis tahun 1964. Dan pernyataan Kyai
Hasyim Bawean bahwa dia pernah mengantarkan Hadrotus-Syaikh Utsman r.a.
ke Habib Ali bin Abdurrohman Al-Habsyi di Jakarta ditengah-tengah hidup
yang mengelilingi beliau, Habib Ali menjabat tangan Hadrotus-Syaikh
seraya mengatakan : Kunci kutup saya serahkan kepadamu wahai Syaikh
Utsman.
Dan
pernyataan putra Habib Ali sendiri yaitu Habi Muhammad bin Ali bin
Abdurrohman Al-Habsy pada waktu memberikan sambutan atas wafatnva
Hadrotus-Syaikh yang ke 40 harinya bahwa setiap kali Hadrotus-Syaikh
menemui kesulitan apa saja beliau selalu pergi ke Jakarta untuk
menjumpai Habib Ali Al-Habsy untuk kemudian dapat her¬hubungan dengan
Rosulullah s.a.w akan tetapi karena jarak Jakarta Surabaya begitu jauh
maka akhirnya hahib Ali Al-Habsy menyuruh menjumpai Habib Abu Bakar
Muhammad Assagaf di Gresik saja, sama-sama Wali Kutup.
Selanjutnya
Habib Muhammad bin Ali Habsyi menyatakan dalam sambutannya bahwa
Hadrotus-Syaikh akhirnya berhubungan langsung sendiri dengan Rosulullah
saw tanpa perantara sewaktu mengalami kesulitan.
Hadrotus-Syaikh
juga sangat dekat dengan Habib Ali bin Husain bin Muhammad Al-Atthos
Bungur Besar Jakarta sehingga waktu beliau membaca Khususiyyah
Wakalimatul Akha’ Syaikh Utsman yang disusun oleh Habib Hasan Al-Jufri
Bangil beliau menangis terisak-isak, kemudian beliau gantungkan di atas
pintu rumah seraya mengatan : Saya letakkan nadzoman ini di sini agar
saya dapat melihat Syaikh Utsman setiap saat Kemudian beliau mendoakan
Hadrotus-Syaikh semoga panjang umur, kalau tidak (kata habib Ali
Al-Atthos) siapakah yang menggantikan kedudukannya ? demikian pernyataan
menantu Hadrotus-Syaikh Abu Lu’lu’ sekembalinya dari Jakarta dan habib
Ali bin Husain bin Muhammad Al-Atthos pernah menyatakan dimuka kami
sesungguhnya Syaikh Utsman tiada duanya pada masa sekarang dan pada
waktu Hadrotus-Syaikh berziarah kesana dihadapan para hadirin beliau
menyatakan wahai Syaikh Utsman engkau dari keluarga Nabi. Kekholifahan
Syaikh Abdul Qadir Jailani ditanganmu wahai Utsman. dan dalam kesempatan
lain, beliau menyatakan : Saya mendengar dengan kedua telinga saya
Paman saya Ali bin Abdur Rohman Al-Habsyi mengatakan : sungguh Utsman di
Mahsyar nanti sangat dekat dengan Nabi Muhammad s.a.w. seperti
dikemukakan pada Bab I yang lalu bahwa Hadrotus-Syaikh mempunyai
hubungan istimewa dengan Syaikh Abdul Qodir Jailani r.a. bahkan dengan
Rosulullah s.a.w seperti dikemukakan diatas dan seperti pernyataan Habib
Muhammad Al-Habsy pada 40 hari wafatnya Hadrotus-Syaikh bahwa Habib Ali
Al-Habsy, Habib Ahmad bin Kholid Al-Hamid, Habib Umar Al-Idrus dan
lain-lainnya, menyatakan bahwa Hadrotus-Syaikh Utsman adalah tergolong
Ahlul bait Rosulillah s.a.w.
Habib
Ahmad bin Hamid Al-Habsyi pernah bertanya pada Habib Salim bin Jundan
waktu beliau masih hidup, apa yang menyebabkan para Habib senang pada
Kyai Utsman ? Habib Salim bin Jundan menjawab : Syaikh Utsman termasuk
keluarga Rosulullah s.a.w, darahnya adalah darah saya ini maka ciumlah
tangannya apabila kau ketemu dengannya walaupun banyak orang
mendengkinya toh dia tidak pernah susah akibat didengki orang, mereka
yang mendengkinya hanyalah rumput-rumput sedangkan Syaikh Utsman adalah
pohon besar yang rindang.
Ketika
Kyai Ahmad Asrori kholifatus Syaikh Muhammad Utsman masih kecil, pernah
diajak oleh pengasuhnya yang bernama Abdul Hakim Bawean untuk berkunjung
ke Habib Alie bin Muhummad bin Alwi As-shodiq Al-Habsyi cucunya habib
Syaikh Bafaqih Boto Putih Surabaya bertepatan dengan hari raya Idul
Fitri, Dalam kesempatan itu Habib mengatakan kepadanya : jangan kau
risaukan haliyah orang tuamu, beliau bagaikan Matahari, apabila sangat
dekat dengan kita manusia banyak yang tidak tahan karena saking
panasnya, tetapi ketika jauh dari kita sinarnya akan membahagiakan kita
semua. Demikianlah keadaan orang tuammu Syaikh Utsman r.a. Seorang Kyai
belum dinamakan Kyai sempurna sehelum ia diingkari oleh orang-orang yang
dekat kepadanya dan sebaliknya dia dicintai oleh orang-orang yang jauh
dari padanya.
Tentang
hubungan Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman r.a dengan Kyai Hamid Pasuruan,
Hadrotus-Syaikh pernah bercerita setelah walimatul haul Habib Syaikh
Bafagih Boto Putih Surabaya : saya keluar ke teras cungkup di dampingi
oleh Kyai Abdul Hamid Pasuruan duduk ditangga cungkup. Pada waktu itu
Kyai Abdul Hamid bercerita : tadi sebelum kesini saya tidur dirumah
salah seorang teman di Surabaya. Ketika saya bangun, dihadapan saya
terlihat foto Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman, oleh karena saya tahu
bahwa yang meletakkan adalah Agus Mas’ud Kedung Cangkring Sidoarjo, maka
saya bertanya kepadanya tentang maksudnya, jawabannya hanya Wallohu
A’lam. Kata Hadrotus-Syaikh : Saya pun diam mendengar cerita itu karera
menyangkut masalah maqom (martabat). Tiba-tiba Kyai Hamid menjawab
sendiri : untuk kepentingan hubungan di Mahsyar nanti. itulah sebabnya,
maka dalam suatu walimah Kyai Abdul Hamid Pasuruan mengharap kepada
Hadrotus-Syaikh agar ada hubungan yang dekat antara keduanya di Mahsyar
nanti, dan Hadrotus-Syaikh menjawab : Kyai nanti bersama kami disisi
Alloh Yang Maha Kuasa.
Dan
didalam walimah yang lalu ada orang meminta, barokah do’a kepada Kyai
Hamid, sedangkan disisi beliau adalah Hadrotus-Syaikh. akhirnya Kyai
Hamid memegang lutut Hadrotus-Syaikh Utsman dengan tangan kiri dan
berdo’a untuk orang yang meminta doa tadi dengan tangan kanan. Adik kami
Asfahani putra Kyai Abdullah Faqih yang mengaji di pondok Kyai Hamid
Pasuruan mengatakan pada suatu ketika kami duduk bersama-sama Kyai Hamid
di ruang tamu, tiba-tiba Kyai Hamid mengatakan kepada kami : di
Pasuruan ini hanya ada kayu Garu, alangkah ni’matnya kalau ada pohonnya
Asfahani ! tiba-tiba Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman datang bertamu ke
ruang tamu dan spontan Kyai Hamid merangkulnya dan mergatakan : ini apa
pohon garunya!
Inilah sebagian kecil yang nampak tentang kedudukan dan Manzilah Hadrotus-Syaikh Utsman Nadil Ishaqi r.a.
BAB IIIKetika haul akbar Syaikh Abdul Qodir Jailani r.a. tahun 1389 H. dalam sambutannya habib Muhammad bin Ali bin Abdurrohman AI-Habsyi menceritakan tentang perjalanan orang tuanya ketanah suci dan bertemu dengan Syaikh Abdul Qadir Jailani r.a. yang menyatakan pada Habib : Kholifah saya adalah Utsman Surabaya.
Di antara
kekeramatan Hadrotus-Syaikh yang lain : kyai Muhammad Fagih Langitan
berkata bahwa Kyai Maimun sarang diceritakan oleh bapaknya yang bernama
kyai Zubair bahwa habib Abd Qodir Bilfaqih bermimpi berjumpa dengan
Rosulullah s.a.w yang sedang menemui 2 orang lelaki dan Rosulullah
menyatakan kepadanya : Keluargaku banyak tersebar di tanah Jawa.
Diantaranya adalah dua orang ini yaitu Romly dan Utsman.
Kekeramatan
Hadrotus-Syaikh yang lain adalah dari Kyai Faqih Amin Praban Surabaya
(pernah menjadi guru dan kawan Hadrotus-Syaikh) beliau mengatakan pada
pada suatu hari saya berkunjung kepada Kyai Utsman, dan dia meminta saya
untuk menjadi muridnya dibawah naungan Thoriqoh Qodiriyyah Wan
Naqsyabandiyyah setelah bertukar pikiran tentang thoriqoh sampai jam 2
malam. Saya kalah dan mau menyerah kepada ajakannya dengan syarat : tiga
burung perkutut yang didalam sangkar masing-masing berkicau secara
berturut-turut dengan komandonya, setelah dia komando, tiba-tiba tiga
ekor burung itu berkicau berturut-turut dengan izin Alloh, maka
terasalah dalam diri saya akan kebesaran Hadrotus-Syaikh, dan sejak itu
saya memakai bahasa Jawa halus (Kromo) sebagai ganti bahasa Jawa kasar
(ngoko), dan setelah tiga bulan minta di bai’at.
Di antara
kekeramatan beliau, ketika pada suatu hari kami akan menghadap
Hadrotus-Syaikh, berkata dalam diri sendiri : mengapa jauh-jauh
kulangkahkan kakiku kepondok anu. Kemudian keperguruan tinggi anu,
sampai akhirnya keluar negeri untuk mencari kebenaran dan keyakinan.
padahal di Surabaya sini terdapat seorang Mursyid yang membimbing saya
menempuh jalan akhirat dengan selamat. maka ketika kami duduk diruang
tamu keluarlah Hadrotus-Syaikh dari dalam sambil meletakkan tangan
kanannya di atas dada (sanubari) seraya mengatakan : diantara guru saya
juga ada yang bukan dari jam’iyyah kita. Tetapi Alhamdulillah saya belum
pernah mengingkarinya sama sekali. Maka kami pun merasa malu dan
menundukkan kepala.
Di antara
kekeramatan beliau, pada tanggal 11 Syawal 1392 H. Hadrotus-Syaikh
menjamu para tamu yang menghadiri majlis Manaqib di pondok Jatipurwo.
Beliau mengatakan kepada kami : Wahai Abdul Ghoffar ! ketika kau tinggal
di Mesir apakah kau pernah ketemu dengan Syaikh Hasan Ridwan seorang
wali di Mesir yang dimintai barokah oleh orang Islam Mesir ? Ya, kami
pernah menjumpainya pada suatu hari dalam rangka kuliah umum Tasawuf
oleh Ir. Abdul Halim Mahmud yang dihadiri oleh para sufi dibalai
pertemuan Al-Azhar. Selanjutnya Hadrotus-Syaikh berkata kepada para
hadirin : Ketika salah seorang Habib Ampel berkunjung ke Mesir, dia
menjumpai Syaikh Hasan Ridwan, dia ditanya tentang negerinya. Ketika ia
menjawab dari Indonesia dari Ampel, maka Syaikh Hasan Ridwan mengatakan :
Jadi rumahmu dekat dengan Syaikh Utsman Al-Ishaqi ? Habib menjawab :
Ya, akhirnya Syaikh Hasan Ridwan mengatakan kepadanya : Apabila kamu
sampai di rumah, berkunjunglah ke Syaikh Utsman, dan sampaikanlah
salamku kepadanya, ketahuilah bahwa saya sering berkunjung ke rumahnya.
Diantara
kekeramatan beliau, pada suatu hari dibulan Maulid, Hadrotus-Syaikh
pergi ke Jakarta naik kereta api untuk menghadiri Maulid Nabi Muhammad
s.a.w dan haulnya Habib Alie Al-Habsyi di Kwitang Jakarta, ketika kereta
api berada diantara Cirebon-Jakarta karcis Hadrotus-Syaikh diperiksa
Polisi KA dengan ketat sekali termasuk kartu tanda pengenal beliau yang
akhirnya polisi memaksa Hadrotus-Syaikh untuk menemuinya di restorasi,
sehingga menimbulkan kemarahan beliau, maka seketika itu pula datanglah
hal beliau dan mengatakan : Perbuatan ini menunda sampainya kereta api
di Jakarta.
Spontan
kereta api itu berhenti tanpa sebab yang nyata, anehnya semua hubungan
interlokal maupun bukan interlokal terputus sama sekali dengan Stasiun,
kebetulan dibelakang gerbong Hadrotus-Syaikh terdapat Habib Abd Hadi bin
Abdulloh Al-Haddar dari Banyuwangi. Maka setelah kereta api macet
selama 1 jam dia mengirim utusan ke Hadrotus-Syaikh seraya menga¬takan :
jam berapa sekarang ! pergilah ke Kyai Utsman, dan mintalah barokah
Fatihah kepadanya agar kita tidak terlambat. Akhirnya setelah beliau
membaca Al-Fatihah barulah beliau sadar akan diri beliau, dan spontan
kereta api berjalan kembali seusai pembacaan Al-Fatihah, demikian pula
hubungan yang menyangkut perkerata apian sambung kembali.
Kyai
Masduri Ngroto menceritakan kepada kami sejarah masuknya Thoriqoh
Qodiriyyah Wan Naqsyabandiyyah di Ngroto dan sekitarnya sebagai berikut :
Sejak tahun 1936/1937 M banyak guru-guru Thoriqoh yang berusaha
memasukkan Thoriqoh ke Ngroto bahkan ada kyai yang sampai kawin di
Ngroto kemudian terpaksa firoq karena tidak berhasil memasukkan
Thoriqoh.
Pada bulan
Muharram tahun 1964 M Hadrotus-Syaikh mulai pertama datang ke Ngroto
bersama Kyai Muslih bertepatan dengan Haulnya Kyai Sirojuddin. Itulah
mula pertama datang ke Ngroto bersama Hadrotus-Syaikh. Kemudian untuk
kedua kalinya datang pada tahun 1966 M saya di panggil ke rumah paman,
dan Hadrotus-Syaikh menangis dan saya dirangkul seraya mengatakan :
Sabarlah ! sejak sekarang Masduri menjadi Kyai di desa sini maka
do’akanlah semoga panjang umur. Sepulangnya Hadrotus-Syaikh dapat 15
hari paman saya meninggal, dan atas saran beliau saya kirim surat kepada
beliau tentang wafatnya paman. Dan saya mendapatkan balasan agar saya
datang kesurabaya di Surabaya saya dibai’at dan diberi ijazah Manaqib
secara mutlaq. Setelah itu banyak para ikhwan yang menjadi murid
Hadrotus-Syaikh maka tersebarlah Thoriqoh di Ngroto.
Pada suatu
hari di bulan Muharram Hadrotus-Syaikh pergi ke Ngroto menghadiri acara
Haul, tetapi kendaraan beliau terhalang lumpur di Kemiri 4 km dari
Ngroto, kalau mobil beliau diarahkan ke Ngroto mogok, kalau diarahkan ke
Surabaya mobil beliau bisa berjalan, maka Hadrotus-Syaikh menetapkan
untuk kembali ke Surabaya, yang menolong mengentas mobil beliau dari
lumpur adalah masyarakat Kemiri maka Hadrotus-Syaikh mengatakan : saya
tidak dapat membalas sama sekali. hanya saya do’akan mudah-mudahan
masyarakat disini selamat semua, maka barokah doa beliau setiap kampung
dari Kemiri sampai Ngroto pasti ada Manaqiban dan ada murid-murid
beliau, diantaranya desa Tembelingan yang asalnya tidak ada yang sholat
bahkan tidak ada masjid dan musholla, tetapi berkat dilewati oleh
Hadrotus-Syaikh, Islam tersebar di Tembelingan dan sekitarnya ada masjid
dan banyak musholla dan Imammuddin serta sebagian kaum musimin disitu
sudah menjadi murid beliau, sehingga Kyai Muslih Mranggen mengatakan :
masuknya Hadrotus-Syaikh ke Ngroto sudah pas karena masyarakat Ngroto
adalah masyarakat Madura, cocok dengan kata-kata Syaikh Utsman : Ngroto
adalah bau Madura. dan Hadrotus-Syaikh pernah mengatakan : saya bermimpi
di sebelah timur Semarang ada cahaya. apakah ada Waliyyulloh di sana ?
ternyata benar itulah Kyai Sirojuddin.
Selanjutnya
Kyai Masduri mengatakan : sekembalinya saya dari Surabaya pada suatu
hari saya sakit mata, walaupun sudah berobat tetap tidak mau sembuh
kecuali hari Kamis dan Jum’at saja. Maka pada suatu malam Jum’at saya
membaca Al-Fatihah kemudian membaca sil¬silah maka malam itu juga saya
bermimpi berjumpa dengan Hadrotus-Syaikh, beliau menanyakan kepada saya :
apakah matamu sakit ? Apakah yang sakit sebelah kanan? maka mata
diobati oleh Hadrotus-Syaikh dengan jari-jarinya dan ternyata
Alhamdulillah sembuh betul-betul, maka esok harinya hari Sabtu saya
pergi ke Surabaya untuk menjumpai beliau. Beliau bertanya : Apakah
matamu sudah sembuh ? saya menjawab : Ya. kemudian beliau menyatakan :
Ya saya obati dari sini.
Selanjutnya
Kyai Masduri menceritakan lagi : pada suatu hari sewaktu saya
berkunjung ke Hadrotus-Syaikh saya disuruh ke Ampel seraya mengatakan :
Pergilah ke Ampel, saya rindu Agus Mas’ud.
Sesampai saya di lawang Agung saya bertemu dengan Agus Mas’ud, cepat-cepat turun dan minta gendong saya. Kyai Masduri menceritakan lagi bahwa Hadrotus-Syaikh menceritakan kepadanya sebagai berikut : Pada suatu hari Jum’at ada orang hendak menunaikan sholat Jum’at di masjid Ampel, kemudian saya panggil, saya ajak sholat Jum’at di Baitul Ma’mur. Setelah kita melangkah tiga langkah kita sudah sampai di Baitul Ma’mur, ini boleh kau ceritakan setelah saya meninggal.
Sesampai saya di lawang Agung saya bertemu dengan Agus Mas’ud, cepat-cepat turun dan minta gendong saya. Kyai Masduri menceritakan lagi bahwa Hadrotus-Syaikh menceritakan kepadanya sebagai berikut : Pada suatu hari Jum’at ada orang hendak menunaikan sholat Jum’at di masjid Ampel, kemudian saya panggil, saya ajak sholat Jum’at di Baitul Ma’mur. Setelah kita melangkah tiga langkah kita sudah sampai di Baitul Ma’mur, ini boleh kau ceritakan setelah saya meninggal.
Cerita
lain dari Kyai Masduri adalah sebaga berikut : saya bermimpi sholat di
musholla yang penuh dengan mushollun, karena mereka sholat semuanya
saja, maka saya mengingkarinya dan Hadrotus-Syaikh menjadi ma’mum tidak
tahu siapa yang menjadi imam dan beliau mengatakan kepada Saya : mereka
adalah Wali-wali Alloh, dan saya bermimpi berjumpa dengan Nabi Khidir
a.s. beliau mengajak saya ketepi sungai disana ada musholla yang
bersinar terang, tahu-tahu disitu ada Hadrotus-Syaikh dan kita bertiga
menjadi ma’mum tetapi saya tidak tahu siapa imamnya.
Habib
Abdulloh bin Umar Al-Haddar mengatakan kepada kami : pada suatu hari
Kamis dibulan Syawal Habib Abdul Hadi bin Abdulloh Al-Haddar ingin
berjumpa dengan Hadrotus-Syaikh Utsman sesudah masuk waktu sholat Ashar
tetapi sesampai di pondok Jatipurwo beliau tidak menjumpai
Hadrotus-Syaikh. Setelah lama menunggu di pondok dan waktu sudah
menjelang Maghrib maka Habib Abdul Hadi pun cepat-cepat meninggalkan
pondok untuk menuju ke Ketapang karena setelah sholat Maghrib ada acara
pembacaan burdah di Ketapang, ketika sampai di Karang Tembok becak
beliau berpapasan dengan mobil Hadrotus-Syaikh, maka beliau pun kembali
lagi ke pondok Jatipurwo untuk menemui Hadrotus-Syaikh. Sesampai di
Pondok Hadrotus-Syaikh sedang mengimami sholat Ashar dalam waktu Ashar
yang paling akhir bahkan setelah Ashar sempat membaca semua wirid
seperti biasanya sampai tuntas, kemudian Hadrotus-Syaikh menjumpai Habib
Abdul Hadi bersama saya (Habib Abdullah bin Umar Al-Haddar) diruang
tamu. Diruang tamu Habib Abdul Hadi membaca Allohu Hu Iiy. Allohu Hu liy
Fani’mal Wali, setelah dijamu secukupnya Habib Abdul Hadi mohon pamit
kepada Hadrotus-Syaikh untuk pergi ke Ketapang, dalam hatinya waktu
telah berlalu untuk mengikuti pembacaan burdah di Ketapang, tetapi
kenyataannya tidak demikian. Kami sampai di Ketapang orang-orang masih
melakukan sholat Maghrib
Diantara
kekeramatan Hadrotus-Syaikh sopir Hadrotus-Syaikh, meski mengatakan
kepada kami : pada suatu hari sepulangnya Hadrotus-Syaikh dari Rejoso,
mobil di istirahatkan di Jombang agar kami makan minum dulu. Sedangkan
Hadrotus-Syaikh menunggu disalah satu rumah dekat warung tersebut.
Seusai makan minum kami menyatakan kepada Hadrotus-Syaikh bahwa bensin
telah habis. Beliaupun terkejut dan menanyakan mengapa tidak bilang dari
tadi sebelum semua uang yang ada di tangan beliau diserahkan ke pondok
Rejoso dan beliau menanyakan sisa uang kami. Kami menjawab hanya tinggal
beberapa puluh rupiah saja. Secara spontan beliau menegaskan : kalau
memang demikian baiklah isilah tangki mobil itu dengan air teh tanpa
gula semampu uang yang ada padamu ! Kamipun percaya sepenuhnya kepada
beliau dan membeli teh tawar beberapa ceret dari warung dan langsung
kami isikan ke tangki mobil. Setelah itu kami melapor untuk pulang ke
Surabaya. Beliau bertanya : sudah kau isi bensin ? Kami menjawab mobil
kami isi dengan sesuai perintah Hadrotus-Syaikh dan karena terlanjur
beliau pun akhirnya menyatakan : baiklah ! mari pulang ke Surabaya.
Teh-teh juga bisa menjadi bensin. akhirnya betul, mobil berjalan terus
sampai ke Surabaya memakai bahan bakar teh.
Sopir
Hadrotus-Syaikh yang terakhir yaitu Abd Syakur juga mengalami peristiwa
serupa yaitu dalam perjalanan antara Pasuruan Probolinggo mobil
Khadrotus-Syaikh kehabisan bensin di tengah malam dan dia disuruh
mencari warung untuk mendapatkan teh satu gelas, setelah di dapatkan
tehpun di do’ai oleh Hadrotus-Syaikh dan menyatakan : sudahlah isilah
dengan teh sama saja. Akhirnya mobil sampai di Probolinggo persis di
garasi mobil bensin yang dari teh tadi habis sama sekali.
Cerita
semacam ini terjadi pula pada waktu Hadrotus-Syaikh pulang dari Ngroto
Semarang, di tengah perjalanan yang jauh dari keramaian Pir mobil putus
tinggal satu Pir saja dan sekaligus Oli mobil habis kering sama sekali.
Ini terjadi disekitar Caruban menuju Surabaya. Dan Hadrotus-Syaikh
menyuruh mencari teh untuk mengantikan Oli yang sudah habis. Setelah
diisi dengan teh mobilpun dapat di stater dengan hanya satu Pir saja
dapat berjalan terus sampai diSurabaya dengan selamat bi iznillah.
Diantara
kekeramatan Hadrotus-Syaikh, beliau menceritakan pengalaman beliau
sewaktu ke Singapura. Melihat banyaknya orang-orang yang menjemput
beliau di Airport. Ketua security seorang wanita berusaha ingin
menyelamatkan beliau dari intervio para Inteljen yang lain. Maka dia
pura-pura mengaku sebagai orang tuanya yang ada di Pontianak. Dan
langsung di gandeng dari Airport menuju mobil dan diantar sekali menuju
ketempat tujuan. Besoknya dia kembali lagi membawa 2 handuk mandi
Hadrotus-Syaikh, tetapi setelah satu hari dipakai mandi dia minta
kembali, demikian pula handuk yang satu lagi dan menyatakan bahwa handuk
yang untuk dia pakai mandi sehari-hari, sedang yang satu lagi untuk dia
pakai kain kafan waktu dia meninggal nanti dan seketika itu dia minta
di bai’at oleh Hadrotus-Syaikh sebagai murid Thoriqoh Qodriyah Wan
Nangsabandiyyah. Sejak itu Hadrotus-Syaikh selalu di kawal oleh ketua
security perempuan itu pulang pergi ke singapura. Beliau menyatakan :
Inilah berkat saya tidak pernah menyakitkan hati Ibu saya selama hidup
beliau.
Inilah sekelumit biografi Hadrotus-Syaikh Muhammad Utsman Al-Ishaqi r.a.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar